SINURBERITA

Menyuarakan Kepentingan Rakyat

DAERAH HUKUM NASIONAL NUSANTARA PENDIDIKAN

Jum’at Curhat Polda Riau Ajak Masyarakat untuk Hadirkan Kamtibmas di Kelurahan Agrowisata

Sambutan AKBP Winarko, M.Psi

KOTA PEKANBARU, SINURBERITA.COM

Kepolisian Daerah Riau (Polda Riau) kembali menggelar program “Jumat Curhat” sebagai upaya untuk mempererat silaturahmi, mengimplementasikan Polri hadir ditengah masyarakat serta menampung keluh kesah masyarakat untuk mengetahui situasi dan merespon persoalan-persoalan yang ada ditengah masyarakat. Acara kali ini diadakan di rumah Ketua RW. 005 Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai Barat Kota Pekanbaru, Jumat (24/5/2024).

Hadir dalam acara tersebut, Kabag Psikologi Biro SDM Polda Riau, AKBP Winarko, M.Psi, Kasubsatgas Binmas, Kompol Razif SH, Kasubsatgas TIK, AKBP Dasro Rajagukguk, Kapolsek Rumbai, AKP Sardianto, SE, serta jajaran Polresta Pekanbaru, Babinkamtibmas, anggota Senkom Mitra Polri, dan masyarakat Kelurahan Agrowisata.

Baca juga : Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon Bersama di Waduk Simarimbun Perumda

Selaku ujung tombak Kamtibmas, institusi Polri selalu rutin menyambangi warga binaannya untuk mempererat silaturahmi, melaksanakan sosialisasi serta diskusi untuk mengetahui situasi masyarakat dan merespon persoalan-persoalan yang ada ditengah masyarakat.

Dalam sambutannya, AKBP Winarko, M.Psi selaku Kabag Psikologi Biro SDM Polda Riau menyampaikan, “Kami dari Kepolisian senantiasa meminta kepada setiap warga untuk tetap menjaga Kamtibmas. Sebagai benteng keamanan pertama, jadilah polisi di lingkungan keluarga masing-masing. Jangan sampai anggota keluaga kita melanggar aturan hukum, baik itu penyalahgunaan Narkoba hingga kriminalitas/kejahatan lainnya”, ujar Winarko.

Foto bersama warga (Salam Presisi)

Ditambahkan Winarko, “Melalui program Jum’at Curhat ini diharapkan kita mampu menciptakan dan menjaga situasi Kamtibmas di seluruh daerah wilayah hukum Polda Riau, khususnya di Kelurahan Agrowisata. Kita dengarkan keluhan-keluhan serta masukan dari masyarakat demi terciptanya suasana aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat”, ungkapnya.

Mewakili warga, Awaldi Hasibuan selaku Ketua RW. 005 menyampaikan ucapan terima kasih atas hadirnya Institusi Polri di Kelurahan Agrowisata. “Banyak edukasi dari kepolisian yang sudah kami dapatkan dari pihak kepolisian. Terbukti, ini kali keempat diadakannya Jumat Curhat di Kelurahan Agrowisata. Karena kedekatan polisi terhadap warganya, hingga kami ada Slogan, ‘Polisi selalu dekat di hati”, ujar Ketua Awaldi Hasibuan.

Sambutan Awaldi Hasibuan selaku Ketua RW 005

Ditambahkan Ketua RW, “Kedepan kami berharap kepada Institusi Kepolisian agar dapat memberikan edukasi atau pengetahuan mengenai Tipiring (Tindak Pidana Ringan). Terus terang kami aparat desa (RT/RW) terkadang kewalahan membendung emosi masyarakat apabila ada pencurian yang terjadi di wilayah ini. Untuk itu, kami meminta kepada Pak Polisi sebagai narasumber mengadakan semacam kegiatan pelatihan atau sosialisasi kepada masyarakat tentang Hukum”, pinta Awaldi Hasibuan.

Menanggapi hal tersebut, Kompol Razif SH, selaku Kasubsatgas Binmas Polda Riau menyampaikan, “Sesuai dengan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2021 kita mengenal Tentang Penanganan Tindak Pidana Berdasarkan Keadilan Restoratif. Silahkan permohonan itu disampaikan kepada Unit Bimas Polsek Rumbai, Polresta, atau ke Polda Riau. Sesuai dengan fungsi Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, hal yang seperti ini akan menjadi perhatian kami. Apalagi sudah bisa menangkap pencuri, itu bisa ditingkatkan kembali”, ungkap Kompol Razif.

Masyarakat Kelurahan Agrowisata

Pantauan dilapangan, kegiatan kali berjalan dengan aman dan tertib. Para tamu tampak akrab dan penuh kehangatan dalam mendengarkan dan menampung seluruh masukan, saran, keluhan ataupun aduan dari masyarakat serta memberikan solusi melalui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. (*Jujur Sianturi)

3 COMMENTS

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *