SINURBERITA

Menyuarakan Kepentingan Rakyat

DAERAH NASIONAL NUSANTARA RAGAM

Dinas PMD akan Persiapkan Satlinmas di Kelurahan/Desa se Provinsi Kalimantan Barat

Kepala Dinas Hendra Bachtiar, ST., MT

KOTA PONTIANAK, SINURBERITA.COM

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalbar menggelar rapat fasilitasi penyelenggaraan trantiblinmas di Desa atau Kelurahan se Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Pj Sekda Prov Kalbar M. Bari, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas PMD, Kepala Satpol PP, Camat se Kalbar, dan Kepala Desa se Kalimantan Barat di Hotel Harris Kota Pontianak, Rabu 10/7.

Pj Sekda Prov Kalbar M. Bari, S.Sos., M.Si mengatakan pada awak media bahwa, “Hari ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan menghimpun kab/kota mana saja yang sudah membentuk Satlinmas. Satlinmas ini, akan membantu masyarakat di sekitar. Tidak hanya itu, peran dan fungsi Satlinmas akan banyak membantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dalam menjalankan program pemerintah. Misalnya, mensukseskan pelaksanaan Pilkada, kemudian setelah Pilkada nantinya kita harapkan di pedesaan itu, para kepala desa itu akan terbantu dengan adanya satlinmas”, ujar Pj. Sekda.

Baca juga : Terindikasi Korupsi, FPMPH Desak BPK Riau Audit Gaji THL Dinas PUPR Kota Pekanbaru

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Provinsi Kalbar, Hendra Bachtiar, ST., MT menambahkan, “Ini kan sudah ada Permendagri yang mengatur tentang pembentukan satlinmas. Kita harus menjalankan amanah peraturan tersebut. Memang perlu ada pengamanan di desa, maka dituangkanlah lewat peraturan tersebut agar satlinmas ini dapat memberikan perlindungan masyarakat, pengamanan, ketertiban di desa untuk membantu kepala desa dalam menegakkan peraturan desa dan juga menegakkan peraturan pemerintah secara umum”, katanya.

“Tadi sudah dicontohkan Sekda, seperti di Bali itu ada pengamanan desa atau pecalang, yang tugasnya mengamankan tempat wisata desa, mengatur parkir, lalu mengamankan tindakan-tindakan yang mengarah ke kriminal sebelum sampai kepolisian”,  imbuhnya.

Baca juga : Bony Pemilik Toko Bangunan Kuasai Lahan Eks Tambang  PT. Timah Tanpa Izin

Untuk itu, kami di kesempatan yang baik ini mengumpulkan para Kepala Dinas Pemdes se Kalbar dan juga seluruh Kepala Desa se Kalbar untuk mendorong agar segera dibentuk satlinmas dan difungsikan dengan benar. Kalau yang belum terbentuk, segera membentuk satlinmas”, pintanya.

“Mudah-mudahan dengan terbentuknya Satlinmas, desa-desa di Kalbar itu akan semakin baik pengelolaannya, aman juga kalau dikunjungi. Kalau masuk ke desa bisa aman, tentunya akan mengundang para pengusaha untuk investasi. Tapi kalau tidak aman dan banyak kejahatan, saya rasa investasi itu jauh dan tidak mau mereka datang ke desa”, tegasnya.

“Maka dari itu, ini adalah tugas kita bersama, baik itu unsur tingkat Desa, Kecamatan, Bupati/Walikota hingga Gubernur dalam menyiapkan generasi kedepan itu dengan baik, termasuk tata kelola pemerintahan. Peran satlinmas akan dapat mengurangi atau menghilangkan kejahatan”, tegasnya Hendra Bachtiar. (*Jaiyadi)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *