SINURBERITA

Menyuarakan Kepentingan Rakyat

DAERAH HUKUM NASIONAL NUSANTARA

Terindikasi Korupsi, FPMPH Desak BPK Riau Audit Gaji THL Dinas PUPR Kota Pekanbaru

Pengunjuk rasa diterima oleh perwakilan BPK Riau

KOTA PEKANBARU, SINURBERITA.COM

Forum Pemuda Mahasiswa Peduli Hukum Riau (FPMPH-R) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Riau, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Selasa (9/7/2024) siang.

Pantauan wartawan di lapangan, Koordinator Umum (Kordum) FPMPH-R, Angki Mei Putra dalam orasinya mendesak BPK Perwakilan Riau agar berani melakukan audit terhadap pembayaran gaji ratusan tenaga harian lepas (THL) di Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Kota Pekanbaru. Aksi damai ini digelar karena diduga telah terjadi pemotongan gaji pekerja THL ini.

“Dalam kesempatan ini, kami meminta pihak BPK Perwakilan Riau untuk memeriksa dan melakukan audit khusus terhadap Kasubag Umum Rendra Febriyanto dan Kasubag Keuangan Siti Fauziah Rahma. Karena kami menduga, gaji THL di Dinas PUPR Kota Pekanbaru tidak sesuai dengan amprah gaji yang dikirimkan ke BPKAD Kota Pekanbaru,” ungkap Angki.

Ditambahkannya, bahwa berdasarkan informasi di lapangan, banyak THL yang bekerja di Dinas PUPR Kota Pekanbaru yang menerima gaji tidak sesuai dengan semestinya.

Baca juga : Lemahnya Pengawasan BPTD II Riau, Kewajiban PT. Indofood Pekanbaru Terabaikan

“Kami juga meminta Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru untuk mengubah regulasi terkait cara pencairan gaji THL di Dinas PUPR Kota Pekanbaru. Selama ini, gaji THL ini tidak sesuai dengan amprah yang dikirimkan ke Bank Riau Kepri Syariah. Diduga banyaknya pencairan gaji THL fiktif,” ungkap Angki.

Diakhir unjuk rasa, para demonstran FPMPH diterima BPK Perwakilan Riau yang diwakili Kasubag Hukum, Andre Setyarso, SH. Dihadapan pengunjuk rasa, Andre mengucapkan terimakasih telah menyampaikan aspirasinya.

”Kalau ada aspirasi yang seperti ini, silahkan sampaikan secara langsung kepada kami. Atau bisa juga melalui PIK (Pusat Informasi dan Komunikasi). Pada prinsipnya kami selalu terbuka terhadap siapa saja”, terangnya.

Diakhir unjuk rasa, Kordum dan Koordinator Lapangan (Korlap) FPMPH Riau menandatangani dan menyerahkan aspirasi secara tertulis kepada BPK Perwakilan Riau. Kegiatan unjuk rasa berjalan dengan tertib dan damai dengan pengawalan dari aparat kepolisian jajaran Polresta Pekanbaru. Para unjuk rasa membubarkan diri dengan tertib. (*J2R)