Akses Jalan Menuju Kampung Cisandag Segera Dibangun Pemkab Kuningan

KUNINGAN, SINURBERITA.COM

Jalan merupakan salah satu bagian penting pembangunan bagi masyarakat untuk membuka akses dalam menunjang berbagai aktivitas, seperti pendidikan, kesehatan, dan perekonomian. Pemerintah Kabupaten Kuningan, terus melakukan upaya pembangunan, salah satunya yang sedang dalam tahapan proses pembangunan adalah Kampung Cisandag, Desa Cipakem, Kecamatan, Maleber. Dimana, Pemkab Kuningan pada APBD Perubahan Tahun 2022 telah mengalokasikan anggaran dan bantuan material untuk pembangunan jalan di Kampung Cisandag.

“Forkopimcam, Kodim 0615, Polsek, DPUTR, dan DPMD, bersama-sama telah melakukan peninjauan langsung ke Kampung Cisandag pada tanggal 3 Oktober 2022 dan diterima Pemdes Cipakem serta masyarakat setempat. Kondisi jalan memang masih tanah, dan sudah terkoordinasikan untuk pembangunan jalannya dengan berbagai skema program pembangunan, seperti pembangunan langsung, pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), program Karya Bhakti TNI, dan bantuan material dari Pemkab Kuningan,” terang Kepala Bidang Bina Marga DPUTR, Tedy Sukmajayadi, Kamis (20/10/2022)

Sementara di tempat terpisah, Kadis Kominfo Kab. Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si, menerangkan, Kampung Cisandag yang berjarak 6 km dari pusat Pemerintahan Desa Cipakem memang belum memiliki akses langsung, yang ada hanya jalan setapak dan pernah terjadi longsor pada tahun 2018. Justru akses jalan dari Kampung Cisandag ke Desa Galaherang melalui Kampung Bunikerta. Sementara pembangunan jalan dari Desa Galaherang ke Kampung Bunikerta sepanjang 3 Km sudah dilaksanakan dan masih dalam kondisi baik. Sedangkan akses dari Kampung Bunikerta ke Kampung Cisandag sepanjang 2,5 Km sudah ada badan jalan dan akan dibangun permanen secara bertahap mulai perubahan anggaran tahun ini.

“Di Kampung Cisandag sendiri, berbagai pembangunan telah dilakukan seperti, pembangunan jalan lingkungan dan gang sepanjang 300 meter melalui Dana Desa. Jaringan listrik juga telah dibangun PLN, dan sudah tersedia fasilitas air bersih yang dibangun oleh KKN Tematik ITB pada tahun 2017,” jelas Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, untuk akses jalan sepanjang 2,5 km dari Kampung Cisandag menuju Kampung Bunikerta, Pemkab Kuningan telah memprioritaskan pembangunan jalan tersebut melalui berbagai program pembangunan jalan, seperti pembangunan jalan oleh DPUTR, bantuan material dan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT).

“Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Dinas PUTR Kab. Kuningan, bahwa akses jalan dari Kampung Cisandag ke Kampung Bunikerta Desa Galaherang merupakan salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Daerah. Adapun progres pembangunan jalan di Desa Cipakem, telah dituntaskan pembangunan jalan utama ruas Mekarsari-Cipakem, Padamulya-Seklok, Cipakem-Giriwaringin, Giriwaringin-Patala, dan TPT Mekarsari-Cipakem. Sedangkan pembangunan jalan Kampung Cisandag, lanjutan penanganannya secara bertahap dilaksanakan pada perubahan anggaran tahun 2022 oleh DPUTR dan Pembangunan JUT oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan”, ungkap Kadis Kominfo. (*red/HMS).

www.sinurberita.com

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *