Asisten Adum Kalteng Hadiri Entry Meeting Evaluasi RB dan SAKIP

PALANGKA RAYA, SINURBERITA.COM

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Setda Prov. Kalteng) Sri Suwanto menghadiri Entry Meeting Evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Sri Suwanto menghadiri kegiatan ini secara virtual dari Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (11/8/2022).

Baca juga : Rapat Koordinasi Karhutla Samosir dan Urgensi Penataan Simpang Gonting

Pertemuan dipimpin oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II Budi Prawira. Dalam arahannya, Budi Prawira menyampaikan RB sebagai tools percepatan prioritas kerja Presiden dan pembangunan nasional.

“RB memiliki tantangan diantaranya rendahnya komitmen pimpinan dalam mengawal program RB sampai ke level bawah, RB dipandang sekedar pemenuhan dokumen dan formalitas pelaksanaan kegiatan, masih tingginya ego sectoral yang mengakibatkan implementasi RB parsial dan pelaksanaan RB belum berdampak signifikan pada pencapaian target-target pembangunan nasional”, ucap Budi Prawira.

Budi Prawira menuturkan strategi percepatan pelaksanaan RB antara lain menetapkan gambaran kondisi/hasil yang akan diwujudkan pada pencapaian setiap area perubahan reformasi birokrasi, mendorong penerapan reformasi birokrasi sampai ke level perangkat daerah dan berfokus pada aspek penilaian pada komponen pengungkit/reform dan hasil, menyusun rencana aksi berdasarkan isu/permasalahan strategis dan rekomendasi hasil evaluasi dan memastikan rencana aksi tingkat pemda juga disupport dengan rencana aksi tingkat perangkat daerah, sehingga perubahan dapat dirasakan sampai ke level perangkat daerah, melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala pada rencana aksi dan memberikan feedback perbaikan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi serta menyusun program-program percepatan atau inovasi yang mendorong percepatan dampak perubahan yang dirasakan masyarakat.

Baca juga : Rangkul Anak Muda, Bobby Nasution Jadi Inspirasi Kepala Daerah Lain

Sedangkan strategi penguatan SAKIP antara lain perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi internal.

Lebih lanjut Budi Prawira menyampaikan fokus evaluasi SAKIP berdasarkan Permenpan RB Nomor 88 Tahun 2021 tentang Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah antara lain efektivitas APBN/APBD pada sektor-sektor prioritas saat ini, penjenjangan kinerja instansi pemerintah serta evaluasi internal. Adapun fokus evaluasi untuk RB berdasarkan Permen PAN & RB No. 26 tahun 2020 tentang Pedoman Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi yakni pencapaian kinerja prioritas pemda dan capaian prioritas area perubahan.

Terakhir disampaikan, Proses Evaluasi SAKIP dan RB meliputi pra evaluasi selanjutnya evaluasi mendalam, diskusi panel, pemaparan pimpinan dan terakhir penyampaian hasil.

Baca juga : Herman Deru : Sumsel Menjadi Contoh Provinsi Religius di Indonesia

Usai menghadiri Entry Meeting, Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Sri Suwanto menyampaikan nilai indeks RB Pemprov Kalteng tahun 2021 adalah katagori CC. Sri Suwanto mengungkapkan bahwa dalam rangka peningkatan pelaksanaan RB dan SAKIP, Pemprov Kalteng berkomitmen melaksanakan rekomendasi perbaikan yang diberikan oleh Kemenpan RB.

“Kita terus mengikuti dan kita push, minta katakanlah pendamping atau supervisi dari Kemenpan RB, kedepan Kalteng InsyaAllah bisa menjadi A tahun depannya”, tandasnya.

Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng didampingi Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait. (*Yurin/HMS)

Mungkin Anda juga menyukai