Asisten Ekbang Pemprov Kalteng Buka Kegiatan Diseminasi Penyebarluasan Informasi Akses dan Survey Pasar Ekpor

PALANGKA RAYA, SINURBERITA.COM

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Prov. Kalteng Leonard S. Ampung menghadiri sekaligus membuka kegiatan Diseminasi Penyebarluasan Informasi Akses dan Survey Pasar Ekspor Prov. Kalteng, bertempat di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Jumat (29/7).

Leonard S. Ampung saat membacakan sambutan tertulis Sekretaris Daerah Nuryakin menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada para Pelaku Usaha, mengenai pasar tujuan ekspor yang masih dapat dikembangkan.

“Prov. Kalteng dari tahun ke tahun selalu berkontribusi positif secara signifikan sebagai salah satu provinsi penyumbang devisa terbesar bagi negara. Hal tersebut dibuktikan dengan melihat Neraca Perdagangan Luar Negeri Provinsi Kalimantan Tengah dalam lima tahun terakhir selalu mengalami surplus di atas US$ 1,5 Milyar.  Bahkan di saat Pandemi  Covid-19  yang melanda dunia. Alhamdulillah, Kinerja Perdagangan Luar Negeri Provinsi Kalimantan Tengah terus menunjukkan prestasinya, dengan selalu mengalami surplus,” ucap Leo.

Baca juga : Katma Dirun Buka Festival Pumpung Hai Kalimantan Tengah

Selain itu, lanjutnya, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Prov. Kalteng sebagai mitra Pemerintah Daerah, memiliki peranan penting dan strategis dalam membina dan menumbuhkembangkan IKM Kalteng bagi penguatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat  dan  daerah.

IKM-IKM yang ada harus dipandang sebagai salah satu aset ekonomi daerah, harus diposisikan sebagai salah satu pilar utama ekonomi daerah bahkan Nasional. Bahwa tampak jelas betapa besar dan kuatnya dukungan dan kebijakan nyata dari Pemprov. Kalteng terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekspor Kalteng, baik itu kepada para eksportir eksisting, calon eksportir atau potensial ekspor, para pelaku usaha IKM, salah satunya dengan memberikan layanan penerbitan Surat Keterangan Asal (SKA) 24 jam 0 (Nol) rupiah tanpa tatap muka.

“Melalui kegiatan ini kami selaku Pemprov. Kalteng menghimbau kepada pelaku usaha ekspor, baik Perusahaan Besar Swasta atau IKM yang melakukan usahanya di Kalteng agar melakukan aktivitas ekspornya dari Kalteng yang bertujuan untuk bersama-sama membangun dan memajukan perekonomian daerah Prov. Kalteng,” imbuhnya.

Baca juga : PDIP Walk Out, Kejati Sumut Diminta Periksa LPJ Bupati Samosir TA 2021

Leo berharap, kinerja Perdagangan Luar Negeri Kalteng semakin baik, serta kontribusi Perdagangan Luar Negeri Kalteng bagi negara juga semakin besar, IKM semakin banyak yang mampu melakukan ekspor dan memiliki nilai  tambah ekonomi.

“Oleh karena itu, Pemprov. Kalteng dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng sangat concern dalam kegiatan ini yang diharapkan akan dapat memberikan gambaran, informasi dan hal-hal teknis terkait lainnya yang bermanfaat bagi daerah, khususnya pelaku usaha berorientasi ekspor maupun para eksportir existing,” tutup Leo.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Aster Bonawaty M dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan Diseminasi Penyebarluasan Informasi Akses dan Survey Pasar Ekpor Prov. Kalteng adalah untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada para stakeholders ekspor se-Kalteng mengenai pasar tujuan ekspor yang masih dapat dikembangkan.

“Serta mencari dan memanfaatkan peluang di negara-negara non-tradisional sebagai salah satu upaya Pemulihan Ekonomi Nasional, khususnya pemulihan ekonomi di Kalteng,” pungkas Aster.

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 45 (empat puluh lima) peserta yang terdiri dari pejabat Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab/Kota se-Kalteng dan Pelaku Usaha yang berorientasi ekspor.

Turut hadir Direktorat Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan RI Marolop Nainggolan. (*Yurin)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.