Bea Cukai Jalin Sinergi Pengawasan Dengan Penegak Hukum

JAKARTA, SINURBERITA.COM

Dalam melaksanakan tugas sebagai pelindung masyarakat, Bea Cukai memiliki keterkaitan yang erat dengan berbagai instansi penegak hukum lainnya, seperti TNI, Polri, dan Kejaksaan RI. Oleh karena itu, untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsinya di lapangan, Bea Cukai aktif menjalin sinergi, khususnya di bidang pengawasan.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, pada Jumat (03/06) mengatakan pihaknya terus berupaya mengedepankan sinergi antarinstansi. Hal ini menurutnya juga sebagai perwujudan pesan Presiden Jokowi untuk menyingkirkan egosentrisme antarinstansi. “Sesuai arahan Presiden, bahwa tidak ada lembaga yang lebih penting daripada lembaga yang lain dan semua instansi akan semakin hebat jika mau bekerja sama. Adapun bentuk-bentuk kerja sama dan koordinasi yang dijalin Bea Cukai dengan lembaga penegak hukum lainnya di Indonesia, ialah dengan melaksanakan kunjungan, koordinasi dan diskusi, serta pelaksanaan tugas bersama,” katanya.

Sudiro menyebutkan, sinergi antara Bea Cukai dengan TNI tercermin dari kunjungan kerja yang dilaksanakan dua instansi ini di berbagai daerah, seperti kunjungan Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Khusus Papua ke Lantamal XI serta Korem 174/ATW, kunjungan Kepala Kantor Bea Cukai Tanjungpandan ke Komando Distrik Militer 0414 Belitung, dan kunjungan Komandan Kodim 1007/Banjarmasin ke kantor Bea Cukai Banjarmasin.

“Untuk mencegah masuknya barang-barang yang membahayakan keamanan negara, Bea Cukai perlu berkoordinasi dan menjalin sinergi dengan TNI. Diharapkan dengan adanya koordinasi dan komunikasi yang baik dapat menciptakan sinergi yang kuat, serta situasi kondisi yang kondusif, aman, dan nyaman di berbagai daerah,” ujarnya.

Penguatan sinergi antarinstansi juga dilaksanakan Bea Cukai dengan Polri. Selain dengan pelaksanaan kunjungan kerja, seperti yang dilaksanakan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Papua dan Bea Cukai Jayapura ke Polda Papua, Bea Cukai juga menggandeng Polri dalam pelaksanaan tugas pengawasan. “Di Ambon, Bea Cukai dan Direktorat Polairud Polda Maluku menggelar patroli laut gabungan area perairan Teluk Ambon. Mengingat, sesuai Undang-undang Kepabeanan, wilayah pengawasan Bea Cukai juga meliputi perairan sehingga pengawasan laut pun menjadi salah satu tanggung jawab kami. Melalui sinergi kedua instansi ini, kami ingin menunjukkan pada masyarakat bahwa sebagai aparatur negara, Bea Cukai dan Polri dapat bekerja sama demi pengawasan yang semakin baik,” kata Hatta.

Selain dengan TNI dan Polri, Bea Cukai juga menjalin sinergi pengawasan dengan Kejaksaan RI. Melalui pertemuan antara Kepala Kantor Bea Cukai Ambon dengan
Kepala Kejaksaan Negeri Kota Ambon, kedua instansi berkoordinasi untuk mengoptimalkan tugas pengawasan ke depannya di wilayah Ambon.

‚ÄúSudah menjadi tugas kami bersama untuk saling membantu sebagai instansi pemerintah, khususnya instansi penegak hukum. Dengan terlaksananya kunjungan kerja, koordinasi, dan pelaksanaan tugas pengawasan bersama ini, kami berharap dapat memberikan pelayanan dan pengawasan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia,” tutup Hatta. (*red)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.