Bupati Purwakarta Hadiri Rakornas Kada dan Forkopimda 2023

Presiden Jokowi didampingi Jajaran Kabinet

BOGOR, SINURBERITA.COM

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah (Kada) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia tahun 2023, di Sentul International Convention Centre (SICC) Bogor, Selasa 17 Januari 2023.

Pada agenda tersebut, tampak hadir Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Dalam keterangannya, Ambu Anne mengatakan, sejalan dengan Rakornas yang digelar Kementerian Dalam Negeri tersebut, jajaran Pemerintah Daerah yang dipimpinnya akan terus melakukan inovasi untuk mengakselerasi pelaksanaan pengendalian inflasi melalui kolaborasi dengan seluruh stakeholder terkait.

Baca juga : Sang Merah Putih Berkibar di Puncak Gunung Padang dan Sanggabuana

“Rakornas tadi untuk memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dengan daerah dalam mempercepat pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi dan tentu saja juga untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan untuk mendukung pembangunan nasional,” kata Ambu Anne.

Menurut Ambu Anne, dalam agenda tersebut, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada seluruh Kepala Daerah dan anggota Forkopimda mengenai kebijakan pemerintah pusat dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

“Selain itu, pemerintah daerah juga harus konsen dengan penanganan stunting karena Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Dan yang harus diprioritaskan juga dalam pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi yaitu peningkatan iklim investasi dan kemudahan berusaha di daerah, percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19 menuju endemi, hingga peningkatan pelaksanaan jaring pengaman sosial,” kata Ambu Anne menjabarkan arahan Presiden Jokowi.

Baca juga : Kemeriahan Reuni Lintas Generasi SMPN 12 Muaro Jambi Berjalan Dengan  Sukses

Dari sejumlah arahan Presiden Jokowi, Ambu Anne menyimpulkan setidaknya ada tujuh agenda yang harus terus dilakukan oleh jajaran Pemerintah Daerah diantaranya; penanganan inflasi, penanganan stunting, penanganan kemiskinan ekstrim, TKDN, pengelolaan tata ruang dan kota, investasi dan stabilitas politik serta keamanan.

“Agenda-agenda tersebut ternyata juga sejalan dengan RPJMD Kabupaten Purwakarta, secara subtansi RPJMD tersebut sudah selaras dengan program-program nasional yang tadi dijabarkan oleh Pak Presiden,” kata Ambu Anne.

Diketahui, Tito Karnavian, sebagai Mendagri dan penyelenggara kegiatan Rakornas tersebut juga memaparkan agenda dengan tema; Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi. Hadir dalam Rakornas tersebut, Mendagri Tito Karnavian, Menko Polhukam Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Kejagung Burhanuddin serta para Kepala daerah dari berbagai wilayah juga hadir, mulai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (*J2R/HMS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *