Damkar Purwakarta Tanggulangi Kebakaran Pondok Pesantren Al Hikmah

Petugas Damkar saat memadamkan api.

PURWAKARTA, SINURBERITA.COM

Dibawah komando Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono, akhirnya pasukan brandweer itu dapat memadamkan api yang membakar Pondok Pesantren Al Hikmah di Kampung Cigedogan, Kelurahan Sindangkasih, Kamis 12 Januari 2023 petang.

“Diduga api berasal dari hubungan arus pendek listrik di salah satu kamar santri yang berlokasi di lantai dua, karena kondisi bangunan yang sebagian dinding dan seluruh bagian lantai bangunan tersebut terbuat dari kayu menyebabkan api cepat merambat dan membakar seluruh bangunan,” kata Wahyu Wibisono dalam keterangannya.

Baca juga : CV. AWJ Dikeluhkan Warga, Komisi III Lakukan Kunker ke Desa Darangdan

Menurutnya, terdapat satu korban dalam insiden tersebut yang saat ini sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Bayu Asih. “Korban dengan luka bakar atas nama Ahmad Rifai sudah dievakuasi dan mendapatkan perawatan medis,” ujar Wahyu.

Kata dia, jajarannya menerima laporan sekitar pukul 16.30 WIB dan langsung memberangkatkan 1 unit fire truck ke lokasi kejadian. Pukul 16.40 WIH tiba di lokasi  dan langsung melaksanakan penanggulangan.

“Alhamdulillah pukul 17.00 WIB api dapat dikuasai, untuk selanjutnya melakukan pendinginan sampai dengan pukul 18.15 WIB,” kata Wahyu.

Baca juga : ICW Minta Polres Pakpak Bharat Usut Tuntas Dugaan Korupsi Mesin Pengering Jagung

Wahyu juga menjelaskan langkah-langkah penanganan musibah tersebut diantaranya; mempersiapkan sarana prasarana penanganan, koordinasi dengan pelapor dan pemilik lokasi kejadian.

Selain itu jajarannya juga melakukan penanggulangan kebakaran di permukiman sesuai SOP, melakukan evakuasi korban ke rumah sakit dan melakukan pendinginan, dan memeriksa semua potensi bahaya.

“Selain saya sendiri, ada petugas pelaksana lain diantaranya; Sekdis Damkar, Kasi Pemadaman, Kasi Penyelamatan dan Evakuasi, Danpos Plered, Fighter Regu 2 dan Regu Rescue,” demikian Wahyu Wibisono. (*J2R/HMS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *