Dandim 1013/Mtw Resmikan Kampung Pancasila Berkah di Desa Trahean

BARITO UTARA, SINURBERITA.COM

Komandan Kodim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Edi Purwoko telah resmi mencanangkan Kampung Pancasila Berkah di Desa Trahean Kec. Teweh Selatan Kab. Barito Utara. Acara pencanangan tersebut telah resmi dengan ditandai pemukulan Gong oleh Dandim 1013/Mtw di depan kantor Desa Trahean Kec. Teweh Selatan Kab. Barito Utara. Sabtu (2/07/2022)

Acara pencanangan Kampung Pancasila Berkah dihadiri oleh Bupati Barito Utara diwakili Asisten II Pemerintahan dan Kesra Rahmat Muratmi, Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Edi Purwoko, Kapolres Barito Utara diwakili Kabag Ren AKP Zenal, Kajari diwakili Kasi Intel Kejaksaan Negeri Muara Teweh Muhammad  Arif, Ketua pengadilan Agama Abdullah, S.H.I,.M.H., Camat Teweh Selatan Asmori, S.pd, Danramil 1013-03/Mtw Kapten Inf M. Guntur, Kapolsek Teweh Selatan IPTU Ujang Sartono, Pasiops Kodim 1013/Mtw Kapten Inf Trio Pramono, Pasipers Kodim 1013/Mtw Kapten Inf Praptomo, Pasi Ter Kodim 1013/Mtw Lettu Inf M. Saroni, Unsur perangkat desa, Anggota Kodim 1013/Mtw, Tamu undangan.

Baca juga : Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Wakapolda Kalteng Buka Pameran Bonsai di Palangka Raya

Dalam amanat Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, S.E., M.M. yang dibacakan Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Edi Purwoko mengatakan,”Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas Rahmat,  Hidayah dan Karuniannya, hari ini kita dapat dipertemukan serta  bersilaturahmi dalam acara Launching Kampung Pancasila Berkah Korem 102 Panju Panjung di Desa Trahean Kec. Teweh Selatan Kab. Barito Utara Kalimantan Tengah tahun 2022 dalam keadaaan sehat wal’afiat.

“Pancasila sebagai ideologi bangsa lahir dari nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat Indonesia. Pancasila harus dibumikan, dalam arti diamalkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Menjaga nilai-nilai Pancasila sangat penting, karena sejak reformasi, ada indikasi nilai-nilai Pancasila mulai luntur, akibat penetrasi global yang sangat massif dan terbuka melalui jaringan digital serta derasnya arus pemikiran baru yang terbungkus dalam ideologi transnasional untuk menjaga nilai-nilai Pancasila, perlu digunakan pendekatan langsung kepada masyarakat dengan membentuk kampung Pancasila Berkah,” ujarnya.

Ditambahkannya, “Adapun latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila Berkah, adalah, Pertama, Menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara. Kedua, Sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Ketiga, Sebagai contoh sikap toleransi antar umat beragama. Keempat, Sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku, dan ras. Kelima, Adanya kerukunan dalam masyarakat di daerah yang dipilih sebagai Kampung Pancasila Berkah,” jelasnya.

“Sedangkan tujuan dibentuknya Kampung Pancasila Berkah adalah sebagai berikut Pertama, Untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas. Kedua, Untuk semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat di Pancasila, karena penduduknya beragam. Ketiga, Untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika. Keempat, Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila. Kelima, Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada  para pemimpin  bangsa   yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.”

Baca juga : Peringati Hari Jadi, Bupati Ashari : Bergerak Bangkit Untuk Deli Serdang Maju dan Sejahtera

“Hasil yang diharapkan dari adanya program Kampung Pancasila Berkah adalah meningkatnya kecerdasan masyarakat,  proses interpretasi, internalisasi dan aktualisasi Pancasila, akan membentuk pribadi yang unggul.

Di wilayah Korem 102/Pjg, pada hari ini, Sabtu tanggal 2 Juli 2022 secara serentak di tujuh Kodim jajaran dilaunching Kampung Pancasila Berkah. Penambahan kata Berkah ini untuk meneguhkan satu    frekwensi dengan Pemerintah Provinsi Kalteng yang memiliki visi untuk mewujudkan Kalteng makin Berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis).

“Dengan dicanangkannya kampung Pancasila Berkah, besar harapan kita semua di Kalimantan Tengah akan terwujud kampung Pancasila Berkah secara menyeluruh. Dengan pencanangan kampung kampung Pancasila Berkah  ini dapat menjadi satu  inovasi strategis dalam memasyarakatkan Pancasila, memberdayakan  masyarakat serta menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi di lapangan  karena langsung bersentuhan dan memberi manfaat kepada masyarakat di tingkat Desa / Kelurahan.

Baca juga : “Merayu Alam Karena Kecantikan Karang Hawu”

Sambutan Bupati Barito Utara yang dibacakan oleh Asisten II Pemerintahan dan Kesra Rahmat Muratmi mengatakan, “Pada kesempatan yang berbahagia ini atas nama masyarakat dan Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada korem 102/pjg dan kodim 1013/Mtw atas inisiasinya dalam Launching Kampung Pancasila Berkah di Desa Trahean ini semoga dengan adanya Kampung Pancasila Berkah ini nantinya masyarakat di Desa Trahean memiliki nilai-nilai ideologi Pancasila serta pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam setiap kehidupannya. Seiring perkembangan zaman nilai-nilai Pancasila sudah mulai memudar seperti apa tadi yang disampaikan Dandim 1013/Mtw. Bahwa pengamalan dari 36 butir pun terkadang dilupakan bahkan kalau anak-anak zaman dulu waktu kita masih SD disuruh menghafal 36 butir Pancasila. Mudah mudahan dengan adanya Kampung Pancasila Berkah ini bisa menjadi amalan atau panutan bukan hanya untuk dihafal tetapi juga di aplikasikan di kehidupan kita masing-masing terutama dalam menghadapi perkembangan zaman sekarang yang adanya benturan-benturan antara agama benturan-benturan sesama agama kepentingan politik di dalamnya semua itu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam mengamalkan Pancasila sehingga Bhineka Tunggal Ika kita menjadi hal yang meluruskan kehidupan kita bermasyarakat,” ujar Asisten II.

Baca juga : Program Makmur Selamatkan Petani Karawang saat Harga Gabah Anjlok

Usai acara Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Edi Purwoko menambahkan,”Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Trahean Kec. Teweh Selatan Kab. Barito Utara  yang telah mendukung dalam kegiatan pencanangan Kampung Pancasila Berkah di Desa Trahean ini. Pencanangan Kampung Pancasila Berkah ini merupakan wujud toleransi yang ada di wilayah Kodim 1013/Mtw atas keragaman yang ada namun semua bisa hidup secara berdampingan dengan rukun dan begitu indah. Desa Trahean kita canangkan sebagai Kampung Pancasila Berkah, semoga Desa Trahean semakin maju dan semakin makmur dan dapat dicontoh untuk Desa lain di Kab. Barito Utara”,harapnya.

“Pencanangan Kampung Pancasila Berkah ini bukan hanya seremonial belaka, harapanya masyarakat dapat hidup berdampingan meski berbeda agama, suku dan ras sebagai bukti keberhasilan pencanangan Kampung Pancasila Berkah ini, di jajaran Korem 102/Pjg pada hari ini serentak dilaksanakan pencanangan dan launcing kampung Pancasila,” tutup Dandim. (*Yurin)

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Juli 3, 2022

    […] Baca juga : Dandim 1013/Mtw Resmikan Kampung Pancasila Berkah di Desa Trahean […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.