DPD GAMKI Banten Dukung “GOLOK BANTEN” Menjadi Warisan Pusaka Budaya Dunia 

Ketum GAMKI dan Ketua DPD Banten melihat keunikan Golok Banten

KOTA TANGERANG, SINURBERITA.COM

Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Provinsi Banten mendukung penuh pengusulan “GOLOK BANTEN” menjadi salah satu warisan pusaka budaya dunia yang berasal dari warisan pusaka budaya Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Jimmy Sabar Sitanggang selaku Ketua DPD GAMKI Provinsi Banten sesaat setelah dilakukan pagelaran Golok Banten oleh Ki Kumbang beserta Tim pada saat mengisi acara pelantikan Pengurus DPD GAMKI Provinsi Banten periode 2022 – 2025 di Hotel Narita Tangerang, Sabtu, (21/01).

Dalam upaya tersebut, Pemerintah Provinsi Banten telah mendaftarkan “GOLOK BANTEN” sebagai salah satu Warisan Pusaka Budaya Banten  dengan mengeluarkan Surat Keputusan Nomor : 432.2.05/Kep.300-Huk/2022 tanggal 24 November 2022 tentang Pembentukan Tim Pengusul Golok Pusaka Banten sebagai Warisan Budaya Dunia dari Indonesia.

Baca juga : Bupati Tutup Mata, Dinas PUPR Tutup Telinga Tanggapi Jalan Sungai Bahar

Ki Kumbang menerangkan, “Berawal dari pertemuan Kapolda Banten dengan UNESCO pada tanggal 18 November 2022 dan hasil tindaklanjuti dengan Pembentukan Tim Pengusul Golok Pusaka Banten Sebagai Warisan Budaya Dunia dari Indonesia sebagaimana dalam SK No.: 432.2.05/Kep.300-Huk/2022 tersebut dengan tugas untuk mengkoordinir pengusulan Golok Pusaka Banten sebagai warisan budaya dunia, melaksanakan monitoring dan mensosialisasikannya kepada para pemangku kepentingan, melaksanakan inventarisir, memberikan data dan dokumen, informasi yang diperlukan sesuai dengan bidang keahliannya disertai bukti dan dokumen yang sah, membuat laporan hasil penelitian tentang jenis-jenis Golok Pusaka Banten untuk dianalisa menjadi naskah usulan Golok Pusaka Banten sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia”, ungkap Ki Kumbang Guru Besar Seni Golok Indonesia.

Foto bersama Ki Kumbang

Ditambahkan Ki Kumbang, “Golok Banten adalah benda sejarah yang merupakan simbol peradaban zaman Kesultanan Banten. Dahulu, golok digunakan sebagai alat pertahanan untuk melawan musuh atau orang yang berniat mengancam keselamatan. Golok Banten digunakan masyarakat Banten untuk mempertahankan diri dari serangan musuh, sebagai lambang kehormatan,  serta untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari masyarakat Banten”, ungkapnya.

Golok Banten sudah lama menjadi sebuah karya seni asli Indonesia, yang mewakili suatu Mahakarya (masterpiece) kejeniusan kreatif manusia. Selain itu, sejarah panjang Golok Banten yang memiliki keunikan dan menunjukan adanya tradisi budaya, serta pengakuan dari berbagai pihak lintas generasi dan wilayah baik di dalam maupun diluar negeri. Hal ini menunjukan keberlanjutan tradisi budaya atau peradaban yang masih berlaku maupun yang telah hilang. Selain sebagai salah satu alat persenjataan, Golok Banten juga merupakan cinderamata atau pemberian dari Sultan Banten yang diberikan kepada para tamu kehormatan.  

Baca juga : Pelantikan DPD GAMKI Provinsi Banten Periode 2022 – 2025

Golok Banten dapat kita jumpai di berbagai wilayah Indonesia seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, Sulawesi, DKI Jakarta, bahkan dunia Internasional meliputi: Malaysia, Thailand, India, Brunei, Myanmar,  Belanda, Perancis, Inggris, Italia, Jerman, Finlandia, Turki, dan daerah lainnya.

Meskipun demikian, sebagai sebuah warisan budaya yang bernilai tinggi, Golok Banten mengalami berbagai dinamika sepanjang sejarah. Produksi Golok Banten cenderung berkurang oleh karena beberapa faktor, diantaranya: menurunnya ketersediaan bahan  baku, terhambatnya proses regenerasi, dan kesulitan pemasaran. Kepedulian masyarakat dan pemerintah yang relatif rendah terhadap golok Banten, juga mempengaruhi keberlangsungan eksistensinya.

Baca juga : JAS MERAH ; Penjara Banceuy, Inggit Garnasih, dan Indonesia Menggugat

Akan hal tersebut, Jimmy Sabar Sitanggang, Ketua DPD GAMKI Provinsi Banten menyatakan dukungan penuh untuk pengusulan “GOLOK BANTEN” menjadi salah satu Warisan Pusaka Budaya Indonesia.

“Diperlukan upaya pelestarian Golok Banten secara komprehensif, terukur dan akuntabel. Melalui dukungan dan kebijakan dari semua pihak agar dapat mengembalikan kebesaran Golok Banten sebagai warisan budaya adiluhung masyarakat Banten. Mari bersama-sama kita dukung pengusulan golok Banten sebagai Warisan Budaya Dunia Indonesia dari Provinsi Banten”, pesan Jimmy Sabar Sitanggang kepada masyarakat Banten. (*red/Rno)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *