Gempungan di Buruan Urang Lembur Desa Taringgul Tonggoh

PURWAKARTA, SINURBERITA.COM

Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui berbagai macam inovasi. Program Gempungan di Buruan Urang Lembur menjadi salah satu inovasi terbaik jajaran Pemkab Purwakarta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cara menjemput bola.

Hari ini, Rabu 10 Agustus 2022, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan Wakil Bupati Purwakarta Aming beserta jajaran Pemkab Purwakarta lainnya berkesempatan menghadiri acara Gempungan di Buruan Urang Lembur, di Desa Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa.

“Hari ini merupakan Kegiatan Gempungan di Buruan Urang Lembur Tilam Kaasih Pamarentah ngadeukeutan ka warga Purwakarta yang ke-11 kalinya. Antusias masyarakat sangat luar biasa,” kata Ambu Anne.

Baca juga : Sejarah Panjang Polri, 7 Jenderal Umumkan Ferdy Sambo Tersangka

Menurutnya, pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis kepada penerima KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian, NIB, Sertifikat Tera, Kartu pencari kerja, Kartu KB, Asuransi pertanian, Vaksinasi (Rabies kucing datang, Vaksinasi PMK tahap 1 pada domba (domba datang), Vaksinasi tahap 2 pada sapi, Penyerahan Rumah Tidak Layak Huni, Penyerahan Dukungan Sarana/Prasarana bagi Relawan Pemadam Kebakaran berupa Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan penyerahan lainnya.

“Bantuan berupa asuransi pertanian ini sebagai upaya Pemkab Purwakarta untuk mendukung petani milenial dalam meningkatkan dan melaksanakan kinerjanya,” kata Bupati Purwakarta.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Taringgul Tonggoh beserta seluruh stakeholder yang telah berpartisipasi dalam Gempungan, terdapat kurang lebih 25 Perangkat Daerah (Instansi maupun Lembaga), dan terdapat kurang lebih 51 pelayanan yang tersedia, salah satunya yaitu pelayanan Keluarga Berencana (KB).

Baca juga : PDIP Walk Out, Kejati Sumut Diminta Periksa LPJ Bupati Samosir TA 2021

Selain itu, Ambu Anne juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala DPPKB beserta seluruh jajaran dan kader-kader KB, karena Kabupaten Purwakarta mendapat penghargaan terbaik dalam pelayanan KB MKJP.

Sementara, berdarkan informasi dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kecamatan Wanayasa sedang dilakukan Kegiatan DAK Air Minum, Pembangunan TPT, DAK Sanitasi, Kegiatan Jalan Lingkungan Karya Bakti TNI, Kegiatan Jalan Lingkungan Sekolah, dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari APBD.

“Dan dari Dinas PUTR, Kecamatan Wanayasa sedang dilakukan program pemeliharaan berkala Jalan Nagrog-Cisair dan Jalan Wanayasa-Sawit (Hotmix), Rehabilitasi saluran irigasi di Pasir Kadal (DAK 2022), Rehabilitasi Saluran Tersier Cibeber, Rehabilitasi saluran irigasi di Cipedang, Nangerang, Sakambang, Sumurugul, Cinengah dan Sukadami, Rehabilitasi Bendung paket 2, serta Pemeliharaan (OP) saluran Irigasi paket 1,” kata Ambu Anne.

Baca juga : DPAD Kota Tangerang : Perpustakaan Harus Menyenangkan Para Siswa

Dengan agenda Gempungan, Ambu Anne berharap dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dan pembangunan infrastruktur dapat kembali terlaksana dengan baik sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Taringgul Tonggoh, Eep Saepul Malik mengatakan, Gempungan adalah salah satu ikhtiar Pemerintah Daerah dalam rangka mendekatkan pelayanna kepada masyarakat.

Banyak hal positif yang dapat kita ambil dari kegiatan ini diantaranya ada jalan pintas pelayanan yang selama ini jarak tempuh menjadi alasan bagi warga untuk mengurusi ihwal administrasi kependudukan, dan administrasi kebutuhan personal seperti Surat Nikah, akta kelahiran, KIA dan lain sebagainya,” kata Eep.

Baca juga : Kerahkan 201 Mobil Dinas, Jajaran Pemkab Purwakarta Jemput Jemaah Haji

Atas nama Pemdes Taringgul Tonggoh, Eep mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pemkab Purwakarta, khususnya kepada Ambu Anne yang telah mengagas sekaligus menyelenggarakan kegiatan tersebut. “Kami sangat terbantu sekali, masukan dari kami, kedepan kegiatan seperti ini harus tetap ada dan berkelanjutan,” kata Eep.

Pembagian Sembako Pelayanan Posbindu

Di hari yang sama, Bupati Purwakarta melanjutkan kegiatan dengan membagikan Sembako pada Pelayanan Posbindu, bertempat di Desa Taringgul Tonggoh dan Desa Sukadami Kecamatan Wanayasa.

Menurut Ambu, pelayanan Posbindu ini dikhususkan bagi para lansia, dimana dilakukan pengecekan kesehatan, pemberian sembako dan susu khusus bagi lansia. Sesuai dengan hasil pemeriksaan kesehatan, warga desa disini rata-rata sehat.

Baca juga : Gubernur Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Ikan Gabus di Sumsel

“Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa terus konsisten dan berupaya untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Purwakarta,” kata Ambu Anne.

Selain itu, Kabupaten Purwakarta juga telah ditetapkan menjadi Kabupaten UHC, dimana masyarakat Purwakarta memiliki jaminan kesehatan (Jamkis), baik dari Pemerintah Pusat (dari Presiden RI) maupun dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Semoga program-program tersebut dapat dilaksanakan dengan baik oleh Camat, Kepala Desa beserta apatur desa lainnya sehingga pembangunan dapat berjalan kembali, setelah 2 (dua) tahun ini melewati masa pandemi Covid-19,” demikian Ambu Anne. (*J2r/HMS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.