Gubernur Sumut Dukung Pembangunan dan Penataan Situs Benteng Putri Hijau

DELI SERDANG, SINURBERITA.COM

Bupati Kabupaten Deli Serdang, H. Ashari Tambunan mendapat penghargaan berupa Piagam atas peran dan komitmennya dalam Penetapan Situs Benteng Putri Hijau di Dusun I, Desa Deli Tua Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Baca juga : PDIP Walk Out, Kejati Sumut Diminta Periksa LPJ Bupati Samosir TA 2021

Penghargaan tersebut diberikan Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi yang diterima Wakil Bupati Deli Serdang saat membukaan Festival Pancur Gading di Dusun I, Desa Deli Tua,Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (6/8/2022).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) H. Edy Rahmayadi akan mendukung penuh pembangunan dan penataan Benteng Putri Hijau. Ini bertujuan untuk melestarikan situs yang menyimpan sejarah perdaban Sumut tersebut. Sejarah ini, menurut Gubernur, harus diturunkan ke anak cucu sebagai warisan budaya Sumut. Salah satu cara menjaganya adalah dengan menatanya menjadi tempat wisata yang baik.

“Saya akan dukung terus pembangunannya dan penataannya, kalau tidak dibeginikan bisa hilang nanti, lihat sekelilingnya sudah jadi perumahan. Ini untuk anak cucu kita,” ungkap H. Edy Rahmayadi.

Saat ini, Dinas Pariwisata Sumut sedang berupaya menata dan membangun situs Benteng Putri Hijau. Direncanakan pada situs ini akan dibangun berbagai fasilitas seperti sanggar, galeri, museum dan lainnya untuk menarik minat wisatawan.

“Sekarang sedang berproses dan yang sudah jadi ini sekarang, plataran. Selanjutnya kita akan bangun galeri, sanggar, jalannya kita bagusin dan fasilitas umum lainnya,” kata Gubernur Sumut

Pada kesempatan ini, Gubernur juga memberikan penghargaan kepada dua kepala daerah atas upaya mereka menjaga situs bersejarah. Pertama Bupati Deli Serdang atas upayanya dalam menjaga situs Benteng Putri Hijau dan Bupati Pakpak Bharat untuk upayanya menjaga benda-benda dan situs bersejarah.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Bupati Deli Serdang dan Pakpak Bharat menjaga situs dan benda-benda bersejarah. Mudah-mudahan kita bisa terus lakukan ini,” kata Edy Rahmayadi. (*NP/Ery)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.