Harlah Satu Abad, PCNU Purwakarta Menggelar Halaqoh Kebangsaan

Foto Bersama

PURWAKARTA, SINURBERITA.COM

Menyongsong Hari Lahir (Harlah) Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Purwakarta menggelar Halaqoh Kebangsaan di Hotel Harper, Bungursari, Selasa 17 Januari 2023.

Halaqoh Kebangsaan tersebut, menghadirkan narasumber Habib Ahmad bin Novel bin Jindan, Habib Salim Assegaf dan KH Ahmad Baso. Acara tersebut dihadiri para Habib, ulama, ustadz, unsur Forkopimda, Ketua Partai Politik hingga penyelenggara Pemilu.

Dalam keterangannya, Rois Syuriah PCNU Purwakarta KH Akhfaz Fauzi Asyikin mengatakan acara Halaqoh Kebangsaan merupakan kegiatan kedua yang digelar dalam menyongsong Harlah Satu Abad NU. Sebelumnya, pada Selasa 10 Januari 2023 lalu, PCNU Purwakarta menggelar acara Halaqoh Keagamaan dan Kebudayaan di Aula MA Al Irfan Purwakarta.

Baca juga : Sang Merah Putih Berkibar di Puncak Gunung Padang dan Sanggabuana

“Hari ini sebagai narasumber kita hadirkan Habib Ahmad bin Novel bin Jindan, Habib Salim Assegaf dan KH Ahmad baso,” kata KH Akhfaz.

KH Akhfaz juga mengatakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan PCNU Purwakarta adalah sebagai rasa syukur kepada Allah SWT karena tidak terasa Nahdlatul Ulama sudah hampir berusia satu abad atau 100 tahun.

“Menurut teori manajemen, NU tidak bertahan lama ya karena diurus oleh santri yang tidak memiliki kemampuan manajemen, namun teori itu terbantahkan sebab sampai saat ini NU bertahan dan berkontribusi untuk masyarakat dan negara,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan NU tidak hanya mengurus sebagaimana kebanyakan yang dikatakan umat, yaitu qunut, tahlil sholawat, marhaban dan ziarah, sebenarnya itu hanya bagian kecil saja yang paling besar justru NU mengurus masalah kebangsaan. Dan perlu diketahui menurut penelitian bahwa warga NU itu ada sekitar 50 persen dari seluruh jumlah masyarakat di Indonesia.

Baca juga : PPS Berakhir, Harta yang Diungkap Rp 594,82 Triliun dengan PPh Rp 61,01 Triliun

“Insya Allah menyongsong satu abad ini mudah-mudahan ke depan NU bisa mewujudkan dan mempertahankan Islam Ahlussunnah wal Jama’ah dan mempertahankan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang bermartabat dan bangsa yang berkeadaban,” jelasnya.

Sementara, mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, Pelaksana Tugas Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Asep Surya Komara tampak menghadiri Kegiatan Halaqoh Kebangsaan tersebut.

“Peringatan hari lahir Nahdatul Ulama (NU) ke-100 tahun ini mengusung tema; Mendigdayakan NU, Menjemput Abad Kedua, Menuju Kebangkitan Baru,” kata Asep Surya.

Baca juga : Kemeriahan Reuni Lintas Generasi SMPN 12 Muaro Jambi Berjalan Dengan  Sukses

Menurutnya, Nahdatul Ulama (NU) merupakan organisasi Islam yang sangat besar yang menjadi kekuatan dalam membangun kemaslahatan umat. Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta selalu mensinergikan program pembangunan dengan kegiatan keagamaan demi kemaslahatan umat.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan Nahadatul Ulama (NU) menjadi garda terdepan dalam gerakan budaya dan pemikiran Islam, sehingga mampu menjawab tantangan masa depan bangsa Indonesia,” demikian Asep Surya Komara. (*J2R/HMS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *