HUT Murung Raya, Pagelaran Kongkurung Raih Rekor MURI

MURUNG RAYA SINURBERITA.COM

Pemerintah Kabupaten Murung Raya melangsungkan Pagelaran Kongkurung, bertempat di Stadion Willy M. Yoseph Puruk Cahu, Senin (1/8). Pagelaran Kongkurung merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Murung Raya. Sebagai wujud rasa syukur, Pemkab Murung Raya juga menggelar syukuran dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-20 Kabupaten Murung Raya di GPU Tira Tangka Balang.

Pagelaran Kongkurung berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori peserta terbanyak mendapat apresiasi dari Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin.

Baca juga : Imigrasi Tanjung Redeb, Saksi Kembalinya Geliat Wisata Kepulauan Derawan

“Pemerintah Kabupaten Murung Raya mencatat Rekor MURI Pagelaran Kongkurung dengan peserta terbanyak. Seperti yang sudah disampaikan Bupati Murung Raya bahwa ini merupakan kearifan lokal masyarakat Suku Adat Siang yang berdiam di Kabupaten Murung Raya. Kami mengapresiasi kegiatan ini, disamping menghidupkan kecintaan kita terhadap budaya-budaya lokal tentunya ini merupakan salah satu sarana promosi baik promosi budaya, adat istidat dan mengembangkan ekonomi kreatif”, tutur Sekda H. Nuryakin.

Pertumbuhan Ekonomi

“Kalau kita melihat dengan jumlah peserta terbanyak dan penonton cukup banyak, ini menandakan bahwa masyarakat Murung Raya sebenarnya sudah rindu berkumpul ditengah-tengah kita. Disini pasti bergerak ekonomi kita. Ada yang menjual makanan, mainan dan lain sebagainya”, imbuhnya.

H. Nuryakin mengungkapkan, bahwa dalam dua tahun kebelakang kondisi Kalteng pernah mengalami minus untuk pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : PDIP Walk Out, Kejati Sumut Diminta Periksa LPJ Bupati Samosir TA 2021

“Tetapi pada tahun 2022 triwulan pertama kita sudah mencapai angka 7,25 persen. Karena ekonominya bergerak, masyarakat sudah beraktivitas tentunya ini menjadi dambaan kita semua”, ungkap Nuryakin.

Pada kesempatan tersebut, Nuryakin mengingatkan masyarakat bahwa COVID-19 saat ini masih ada. “Prokes tetap dijalankan. Bagaimanapun kesehatan tetap menjadi utama”, tutup Nuryakin.

Baca juga : Harga DEXLITE dan PERTAMAX di Seluruh SPBU Indonesia

Acara ini dihadiri Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph, Bupati Barito Utara H. Nadalsyah, Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, Pj. Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana, Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh, Forkopimda Murung Raya, Kepala Perangkat Daerah setempat, Pimpinan Perbankan di Murung Raya, Ketua Organisasi Agama, Organisasi Sosial dan Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama serta Tokoh Pemuda. Hadir juga Wakil Ketua DPRD Prov. Kalteng Jimmy Carter serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng. (*Yurin/HMS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.