Kasus Brigadir J : Bharada E Tersangka, Ferdy Sambo Minta Maaf

JAKARTA, SINURBERITA.COM

Kasus polisi tembak polisi yang terjadi beberapa pekan lalu mulai menunjukkan titik terang. Kinerja Polri terus berupaya untuk mengungkap kasus ini secara transparan dan berkeadilan. Bharada Eliezer atau yang dikenal dengan Bharada E telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penembakan Brigadir J atau Brigadir Yoshua. Keduanya diketahui terlibat baku tembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7/2022).

Seperti diketahui bersama, baku tembak tersebut menewaskan Brigadir J. Penyebab terjadinya aksi saling tembak diduga karena pelecehan seksual oleh Brigadir J kepada istri Irjen Ferdy Sambo. Berikut informasi selengkapnya tentang status tersangka Bharada E.

Baca juga : 120 Pengaduan Tertangani Baik, Hotline WA Satreskrim Polrestabes Medan Disambut Positif

Bharada Eliezer Jadi Tersangka

Nama asli Bharada E adalah Bharada Richard Eliezer. Bharada Eliezer menjadi tersangka penembakan Brigadir J. Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah membentuk tim khusus untuk menyelidiki kematian Brigadir J. Setelah hampir satu bulan penyelidikan dan penyidikan, Bharada Eliezer ditetapkan menjadi tersangka kasus Brigadir J.

“Penyidik sudah melakukan gelar perkara dan pemeriksaan 42 saksi juga sudah kita anggap cukup untuk menetapkan Bharada E sebagai tersangka,” kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian dalam jumpa pers di Mabes Polri, Rabu (3/8/2022) malam.

Meskipun Bharada E telah ditetapkan sebagai tersangka, penyidikan kasus Brigadir Yoshua terus dilanjutkan. Pihaknya masih terus melakukan pengembangan kasus tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi lainnya, salah satunya Irjen Ferdy Sambo. “Pemeriksaan belum selesai, masih dalam pengembangan terus,” kata Andi.

Baca juga : “Merayu Alam Karena Kecantikan Karang Hawu”

Siapa Sosok Bharada Eliezer?

Bharada E memiliki nama lengkap Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu. Merujuk pada Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 Pasal 6, pangkat Bharada masuk ke dalam tingkatan polisi Golongan Kepangkatan Tamtama. Bharada adalah singkatan dari Bhayangkara Dua yang menempati tingkatan pangkat terendah dalam golongan Tamtama.

Kapolres Jaksel Kombes Budhi Herdi Susianto menyebutkan jika Bharada E adalah penembak nomor 1 di Resimen Pelopor Koprs Brimob. Bharada E juga diketahui sebagai pelatih di Resimen Pelopor tersebut.

“Di Resimen Pelopornya, dia sebagai tim penembak nomor 1 kelas 1 di Resimen Pelopor ini yang kami dapatkan,” ujar Budhi, dikutip detikcom, Kamis (4/8/2022).

Baca juga : Harga Rumah Mahal, Sri Mulyani : Tinggal dengan Mertua

Pasal yang Jerat Bharada Eliezer

Atas kasus penembakan Brigadir J, Bharada E dijerat dengan sangkaan pasal 338 juncto Pasal 55 dan 56 KUHP. Pasal 338 KUHP berbunyi: Barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama 15 tahun.

Berikut ini adalah bunyi Pasal 55 KUHP:
Pasal 55 Ayat 1: Dipidana sebagai pelaku tindak pidana: mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan perbuatan; mereka yang dengan memberi atau menjanjikan sesuatu dengan menyalahgunakan kekuasaan atau martabat, dengan kekerasan, ancaman atau penyesatan, atau dengan memberi kesempatan, sarana atau keterangan, sengaja menganjurkan orang lain supaya melakukan perbuatan.

Pasal 55 Ayat 2: Terhadap penganjur, hanya perbuatan yang sengaja dianjurkan sajalah yang diperhitungkan, beserta akibat-akibatnya.

Baca juga : PDIP Walk Out, Kejati Sumut Diminta Periksa LPJ Bupati Samosir TA 2021

Adapun bunyi Pasal 56 KUHP adalah sebagai berikut: Dipidana sebagai pembantu kejahatan: 1. mereka yang sengaja memberi bantuan pada waktu kejahatan dilakukan; 2. mereka yang sengaja memberi kesempatan, sarana atau keterangan untuk melakukan kejahatan.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan jika Bharada Eliezer ditahan di Bareskrim. Penahanan Bharada E dilakukan setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka kasus penembakan Brigadir J.

“Bharada E sekarang ada di Bareskrim, di Pidum. Setelah ditetapkan sebagai tersangka tentu akan dilanjutkan dengan pemeriksaan sebagai tersangka dan akan langsung kita tangkap dan ditahan,” kata Andi, Rabu (3/7/2022).

Ferdy Sambo Minta Maaf

“Hari ini saya hadir memenuhi panggilan penyidik bareskrim Polri. Pemeriksaan hari ini adalah pemeriksaan yang keempat. Saya sudah memberikan keterangan kepada penyidik Polres Jakarta Selatan, Polda Metro Jaya, dan sekarang di Bareskrim Polri,” ujar Kadiv Propam Nonaktif Irjen Ferdy Sambo.

Selanjutnya, “Saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf kepada institusi terkait peristiwa yang terjadi di rumah dinas Duren Tiga. Kemudian, saya selaku ciptaan Tuhan, juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Brigadir Joshua, semoga keluarga diberi kekuatan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, “Namun semua itu terlepas dari apa yang telah dilakukan saudara Joshua kepada istri dan keluarga saya. Selanjutnya, saya harapkan kepada seluruh pihak-pihak dan masyarakat untuk bersabar. Tidak memberikan asumsi persepsi yang menyebabkan simpang siurnya peristiwa di rumah dinas saya. Saya mohon doa agar istri saya segera pulih dari trauma, dan anak-anak saya bisa melewati konsdisi ini,” ujar Ferdy Sambo kepada wartawan di Bareskrim Mabes Polri, (4/8/2022). (*red)

Mungkin Anda juga menyukai

6 Respon

  1. Agustus 5, 2022

    […] Baca juga : Kasus Brigadir J : Bharada E Tersangka, Ferdy Sambo Minta Maaf […]

  2. Agustus 5, 2022

    […] Baca juga : Kasus Brigadir J : Bharada E Tersangka, Ferdy Sambo Minta Maaf […]

  3. Agustus 5, 2022

    […] Baca juga : Kasus Brigadir J : Bharada E Tersangka, Ferdy Sambo Minta Maaf […]

  4. Agustus 5, 2022

    […] Baca juga : Kasus Brigadir J : Bharada E Tersangka, Ferdy Sambo Minta Maaf […]

  5. Agustus 5, 2022

    […] Baca juga : Kasus Brigadir J : Bharada E Tersangka, Ferdy Sambo Minta Maaf […]

  6. Agustus 7, 2022

    […] Baca juga : Kasus Brigadir J : Bharada E Tersangka, Ferdy Sambo Minta Maaf […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.