Katma Dirun Buka Festival Pumpung Hai Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA, SINURBERITA.COM

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Setda Prov. Kalteng) Katma F Dirun membuka secara resmi acara Pumpung Hai Kalimantan Tengah Tahun 2022, bertempat di Bundaran Besar Palangka Raya, Rabu (27/7).

Rangkaian kegiatan diawali dengan atraksi silat oleh GMTP/ Perguruan Pangun Raun Pitu diiringi dengan musik/ lagu Karungut. Selain itu juga, dilakukan ritual adat dilanjutkan dengan pembacaan doa dari masing-masing agama yang dianut diantaranya agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Kaharingan dan Budha.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Prov. Kalteng Katma F Dirun saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan kegiatan ini adalah sebuah sarana untuk mengembangkan, melestarikan, serta mempersatukan elemen budaya adat yang ada di seluruh Kalimantan.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, karena dapat membangkitkan semangat kebudayaan daerah serta sangat berdampak positif khususnya dalam mengingat kembali tonggak sejarah Suku Dayak, sebagai masyarakat asli Kalimantan terutama di Bumi Tambun Bungai”, tutur Katma F Dirun.

Diharapkan melalui kegiatan ini juga bisa membangkitkan perekonomian Kalteng, terutama untuk para pelaku UMKM dan pedagang kecil, apalagi selama hampir tiga tahun pandemi COVID-19 melanda, yang membuat semua pelaku ekonomi terpuruk.

“Sebelum menutup sambutan ini, pada tanggal 28 Agustus 2022 nanti, Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya Kota Palangka Raya, dipercaya sebagai Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Sepeda UCI Mountain Bike Eliminator World Cup 2022. Event internasional pertama kali di negara ASEAN ini tentu juga akan mendongkrak pariwisata dan perekonomian, serta mengangkat nama Kalimantan Tengah di mata dunia. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita sukseskan dan tunjukkan Kalimantan Tengah dan Kalimantan pada umumnya Siap Mendunia”, pungkasnya.

Untuk diketahui, pembukaan Pumpung Hai Kalimantan Tengah sekaligus diikuti dengan pelepasan Festival 1.000 Dohong Setanah Borneo. Rute peserta 1.000 Dohong dimulai dari Bundaran Besar – Jl. Imam Bonjol -Jl. Jend. Soeprapto – Jl. S. Parman – finish didepan Taman Pasuk Kameloh.

Turut hadir Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng, Presiden MADN (Masyarakat Adat Dayak Nasional) Marthin Billa, Wakil Presiden MADN H. Rahmat Nasution Hamka, Sekjen MADN Yakobus Kumis, Ketua Harian DAD Prov. Kalteng Elia Embang, Ketua Panitia Andreas Junaedy, Tokoh Agama dan Tokoh Adat Kalteng dan se Pulau Kalimantan. (*Yurin)

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Juli 29, 2022

    […] Baca juga : Katma Dirun Buka Festival Pumpung Hai Kalimantan Tengah […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.