Kepala BPKP Sampaikan Ikhtisar Hasil Pengawasan Kepada Pemprov Kalteng

PALANGKA RAYA, SINURBERITA.COM

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Bambang Ari Setiono, didampingi jajaran Koordinator Pengawasan BPKP Kalteng menyerahkan Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP Kalteng Semester I Tahun 2022 kepada Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo yang didampingi Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin. Penyerahan berlangsung pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Prov. Kalteng TA. 2022 yang diselenggarakan secara hybrid, digelar terpusat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (5/8/2022).

Baca juga : Dicopot!! Inilah Profil Lengkap 3 Jenderal Dalam Kasus Brigadir J

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kalteng Bambang Ari Setiono menyampaikan bahwa selama Semester I tahun 2022 ini BPKP Kalteng telah melakukan sejumlah pengawasan yang diarahkan pada isu-isu nasional dan daerah dalam rangka mengawal percepatan penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional. Kegiatan pengawasan tersebut terbagi dalam beberapa aspek yang meliputi pengelolaan keuangan daerah, perlindungan manusia menghadapi pandemi, peningkatan ketahanan nasional, pemerataan pembangunan yang berkeadilan, hingga penguatan Good Governance dan pengendalian kecurangan.

Selain itu, pengawasan difokuskan pada berbagai program/kegiatan, diantaranya akuntabilitas keuangan daerah, evaluasi penyerapan anggaran, ketahanan sistem kesehatan, ketahanan sistem perlindungan sosial, ketahanan sistem pendidikan, ketahanan korporasi, pembangunan infrastruktur, penanggulangan bencana, pembangunan daerah dan desa, tata kelola, serta pengendalian kecurangan.

Baca juga : Wali Kota Tangerang Serahkan 1.046 Sertipikat Tanah kepada Warga

Bambang Ari Setiono berharap hasil dari pengawasan BPKP Kalteng ini dapat menjadi rekomendasi strategis bagi Pemprov. Kalteng melalui jajaran Inspektorat provinsi/ kabupaten/ kota dalam memetakan risiko-risiko untuk melakukan perbaikan pada program yang belum terlaksana ataupun menemui hambatan saat proses pelaksanaannya.

“BPKP Kalteng akan selalu siap mendampingi Pemprov Kalteng dalam mewujudkan tata kelola keuangan dan pembangunan yang berkualitas dan akuntabel”, pungkas Bambang Ari Setiono.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo saat menyampaikan arahannya menyambut baik adanya Ikhtisar Hasil Pengawasan dari BPKP terhadap kinerja Pemprov Kalteng selama Semester I tahun 2022 ini.

Baca juga : Inaugurasi Rekrutmen Bersama BUMN 2022

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada BPKP Kalteng karena selama ini telah melakukan pengawasan serta mendampingi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam menyelenggarakan kegiatan pembangunan dan tata kelola pemerintahan”, tutur Wagub H. Edy Pratowo.

Edy Pratowo menegaskan bahwa Pemprov Kalteng akan senantiasa berupaya menindaklanjuti sejumlah rekomendasi dalam Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP ini demi terwujudnya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Tambun Bungai.

FGD tentang APBD Prov. Kalteng TA. 2022 dihadiri Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI Asteria Primanto Bhakti, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI Agus Fatoni, Deputi III Koordinasi dan Supervisi KPK RI Bahtiar Ujang serta Direktur Advokasi Pemerintah Daerah LKPP Iwan Herniwan, Wakil Ketua DPRD Prov. Kalteng H. Abdul Razak, Forkopimda Prov. Kalteng, Auditor Ahli Utama Inspektorat Prov. Kalteng H. Sapto Nugroho, Ketua DPRD beserta Ketua Banggar DPRD Kabupaten/Kota, Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se- Kalteng, serta Kepala Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. (*Yurin/HMS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.