LARS DHP Survei Akreditasi RSUD Bayu Asih Purwakarta

Foto Bersama di halaman RSUD Bayu Asih

PURWAKARTA, SINURBERITA.COM

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Kabupaten Purwakarta terus melakukan pembenahan diberbagai sisi. Rumah sakit pelat merah itu juga didorong lebih meningkatkan mutu pelayanan keselamatan pasien agar mendapatkan predikat paripurna.

Hari ini, Jumat 20 Januari 2023, pada rumah sakit yang beralamat di Jalan Veteran tersebut, dilakukan survei akreditasi. Tampak Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika hadir bersama jajaran Direksi, Dewan Pengawas untuk mendampingi tim surveyor akreditasi dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Darma Husada Paripurna (LARS DHP).

Baca juga : CV. AWJ Dikeluhkan Warga, Komisi III Lakukan Kunker ke Desa Darangdan

Menurut Ambu Anne, akreditasi rumah sakit merupakan suatu pengakuan publik melalui suatu badan nasional akreditasi rumah sakit atas prestasi rumah sakit dalam memenuhi standar akreditasi yang dibuktikan melalui suatu asesmen pakar yang berkompeten.

“Akreditasi sesuai dengan standar akreditasi ini dilakukan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit dan keselamatan pasien sehingga tercapai tata kelola rumah sakit dan tata kelola klinis yang baik dan sebagai pelaksanaan program pembangunan kesehatan nasional,” kata Ambu Anne.

Ambu Anne juga mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada jajaran pegawai RSUD Bayu Asih, mulai dari dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya yang telah berjuang selama pandemi Covid-19.

Baca juga : Ferdy Sambo : Mohon Maaf, Izinkan Saya Bertanggungjawab

“Semoga upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit dan keselamatan pasien yang berorientasi kepada proses akreditasi bisa berjalan dengan lancar,” kata Ambu Anne.

Pasalnya, lanjut Ambu Anne, proses akreditasi ini akan mambangun sistem dan mengintegrasikan budaya mutu dan keselamatan pasien kedalam pelayanan rumah sakit dan akan menghasilkan kinerja yang berlandaskan standar pelayanan dan standar profesi sehingga para pelaku pelayanan akan merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan tugasnya.

“Tentu saja hal ini juga berbanding lurus dengan kepuasan warga penerima pelayanan, karena pelayanan yang diberikan telah memenuhi standar pelayanan yang baik,” ujarnya.

Untuk diketahui, untuk peningkatan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien, sudah banyak yang telah dilakukan jajaran direksi rumah sakit tersebut, hingga pada akhirnya sejak 2018 lalu RSUD Bayu Asih sudah mengantongi akreditasi madya.

Baca juga : Kapolda Jambi Lantik Bintara Polri Gelombang II TA 2022

“Kita akan terus meningkatkan pelayanan dan tahun ini, kita targetkan Bayu Asih bisa mengantongi Akreditasi Paripurna dalam hal pelayanannya,” kata Ambu Anne.

Ia juga mengungkapkan, untuk mempersiapkan akreditasi ini, ada serangkaian agenda yang harus ditempuh. Salah satunya tahapan bimbingan teknis. Bimbingan teknis ini, sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Selain soal akreditasi, jajaran manajemen Bayu Asih juga telah menyusun indikator mutu prioritas rumah sakit guna menekan nilai angka kematian ibu dan angka kematian bayi. (*J2R/HMS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *