Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran Kota Bekasi

KOTA BEKASI, SINURBERITA.COM

Awal bulan Juni 2022 ini, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi menggelar seminar Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran Kota Bekasi di Gedung Balai Patriot. (07/06). Acara ini dihadiri oleh Aceng Solahudin selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Dr. Uu Saeful Mikdar, MM  Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi Kemasyarakatan yang mewakili Plt Wali Kota Bekasi serta Camat dan Lurah se-Kota Bekasi dan peserta seminar adalah Pasukan Pemadam Kebakaran.

Acara ini dibuka dengan sambutan Dr. Uu Saeful Mikdar, MM. Dalam sambutannya, Saeful menyampaikan beberapa ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi atas gagasannya menggelar seminar ini.  “Saya mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi karena telah menggagas ide untuk menggelar seminar terkait pembentukan serta pembinaan relawan pemadam kebakaran yang tentunya sangat bermanfaat,” ujar Uu.

Uu juga menyampaikan relawan-relawan pemadam kebakaran merupakan tokoh-tokoh masyarakat yang sangat dibutuhkan dari mulai sebelum hingga pada terjadinya sebuah insiden kebakaran. “Kenyataannya di lapangan, relawan Damkar melakukan berbagai macam aksi seperti sebagai contoh ikut serta dalam evakuasi masyarkat bila terjadi kebakaran,” tambah Uu.

Tidak hanya kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran bersama relawan pemadam kebakaran juga dapat melaksanakan tupoksi-tupoksi lain seperti pencegahan sebelum terjadinya kebakaran hingga evakuasi bencana alam.

“Terima kasih saya haturkan kepada Dinas Pemadam Kebakaran yang telah membentuk relawan pemadam kebakaran dengan beberapa maksud dan tujuan seperti meningkatkan kewaspadaan akan bahaya kebakaran di lingkungan sekitar, meningkatkan koordinasi antar masyarakat dengan Dinas Pemadam Kebakaran,  serta secara terus menerus mengadakan pelatihan tentang pencegahan bahaya kebakaran dalam rangka menambah ilmu pengetahuan,” tutur Uu.

Acara tersebut dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Theo, perwakilan dari Direktorat Jendral Managemen Penanggulangan Bencana Kebakaran Kementerian Dalam Negeri.
Theo dalam pemaparan materinya menyampaikan beberapa poin penting seperti landasan hukum dari pembentukan relawan pemadam kebakaran, level-level responder bila terjadi sebuah kebakaran, pemberian edukasi oleh relawan pemadam kebakaran yang dilatih langsung oleh Dinas Pemadam Kebakaran, serta beberapa penyebab-penyebab kebakaran dan cara mencegahnya.

Theo juga menjelaskan mengenai nomor registrasi relawan pemadam kebakaran, “nomor registrasi itu nanti berdasarkan data sesuai wilayah. Sebagai contoh, 3174001. 31 merupakan kode provinsi, 74 merupakan kode kabupaten/kota, dan terakhir 001 itu nomor urut dari relawan pemadam kebakaran itu sendiri,” jelas Theo.

Seminar Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran Kota Bekasi Tahun Anggaran 2022 hari pertama yang berjalan lancar dan masih berlanjut sampai tanggal 9 Juni 2022. (*red/hms)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.