Pengamanan Libur Nataru, Bupati Purwakarta Libatkan Elemen Lintas Sektoral

PURWAKARTA, SINURBERITA.COM

Berdasarkan prediksi pemerintah pusat, bakal ada sekitar 71 juta orang yang memanfaatkan libur atau cuti Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang tersebar di seluruh provinsi, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Akan hal tersebut, jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Tingkat Mabes Polri Dalam Rangka Kesiapan PAM Natal 2022 Dan Tahun Baru 2023 secara virtual, Jumat 16 Desember 2022. Rakor tersebut dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga : Oknum Kades SR Diduga Setubuhi Istri Warga hingga Depresi Masuk IGD

Di Purwakarta, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama Kapolres dan Dandim 0619 mengikuti rakor virtual tersebut di Bale Paseban, Komplek Setda Purwakarta. Dalam agenda tersebut, juga tampak hadir unsur Forkopimda lainnya, Staf Ahli, Asda, Dishub, Satpol PP, Disporaparbud, Damkar, Dinkes, BPBD dan unsur Kesbangpol Purwakarta.

Dalam keterangannya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustikan mengatakan, Rakor ini membahas soal apa saja yang dipersiapkan dalam menghadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 secara terperinci, dengan mengantisipasi setiap hal-hal yang bakal terjadi, seperti kelancaran arus lalu lintas, keamanan saat ibadah, dan kenyamanan di tempat wisata.

“Demi kelancaran pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tersebut, perlu adanya kerjasama semua pihak, lintas sektoral,  termasuk organisasi masyarakat,” kata Ambu Anne.

Baca juga : Bupati Tutup Mata, Dinas PUPR Tutup Telinga Tanggapi Jalan Sungai Bahar

Ia juga meminta dukungan dari seluruh masyarakat Purwakarta untuk bersama-sama mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 agar semuanya bisa berjalan lancar, aman, dan kondusif.

Sementara, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain menyebut, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah strategi untuk mencegah kepadatan arus lalulintas selama libur hari raya Natal 2022 dan pergantian tahun 2023 di wilayah hukum Kabupaten Purwakarta.

Ia menambahkan, berbagai persiapan dilakukan jajaran Polres Purwakarta dalam menggelar Operasi Lilin Lodaya 2022. Sejumlah personel bakal disiapkan untuk bersiaga selama Operasi Lilin Lodaya 2022 dengan melibatkan unsur gabungan lainnya.

“Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan menjelang libur Nataru, kami telah mempersiapkan berbagai hal demi kelancaran arus lalu lintas saat kedua perayaan tersebut. Mudah-mudahan nanti pada saat libur panjang Nataru berjalan lancar dan kondusif, sehingga kita bisa melakukan pengamanan dengan baik,” kata AKBP Edwar.

Baca juga : ICW Minta Polres Pakpak Bharat Usut Tuntas Dugaan Korupsi Mesin Pengering Jagung

Selain mempersiapkan jalur alternatif, lanjut Edwar, Polres Purwakarta juga akan menyebar seluruh personelnya untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan lalu lintas selama perayaan Natal 2022 dan menjelang pergantian tahun 2023 nanti.

“Kondisi jalur juga diperiksa agar nyaman dan siap dilalui masyarakat yang akan berlibur maupun berwisata ke kampung halaman hingga ke objek wisata di Kabupaten Purwakarta. Kami siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan merayakan natal dan tahun baru termasuk juga yang akan melaksanakan liburan di akhir tahun,” ungkap Edwar.

Kapolres menyebut, operasi Lilin Lodaya ini digelar dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan karena pandemi belum usai.

Baca juga : Sang Merah Putih Berkibar di Puncak Gunung Padang dan Sanggabuana

“Kita tingkatkan sinergi Polri dengan TNI serta instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman, rasa nyaman pada perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Tentunya itu semua dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya.

Untuk personel keamanan, sambung Edwar, bakal diturunkan di sejumlah lokasi strategis. Salah satunya pengamanan di gereja saat pelaksanaan misa Natal. “Ya tentu memastikan Purwakarta harus tetep aman. Pengamanan saat malam Natal, kita maksimalkan ke personil di setiap titik kita lakukan pengamaan. Kemudian juga pengamanan gereja, pengamanan malam Natal juga jadi prioritas utama. Jadi sasaran utamanya, pengamanan Natal, malam Natal, hari Natal, misa kedua misalnya gitu, dengan malam tahun baru itu sasaran utamanya,” demikian AKBP Edwar Zulkarnain. (*J2r/HMS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *