Petani Samosir Dapat Bantuan Pupuk dan Bibit

SAMOSIR, SINURBERITA.COM

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Ketapang dan Pertanian berupaya untuk meningkatkan taraf hidup petani. Berbagai usaha dilakukan, seperti halnya menjalin komunikasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara untuk mendapatkan berbagai alokasi kegiatan. Usaha ini terwujud dengan Kegiatan Pengembangan Budidaya Kentang dan Gerakan Tanam Kentang di Kabupaten Samosir.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Propinsi Sumut diwakili Plh. Kabid Hortikultura, Juwaini, SP, MMA, memberikan bantuan pupuk organik dan bibit kentang (G2) Varietas Granola kepada 4 (empat) Poktan di Desa Hariara Pintu, Kec. Harian, (16/06).

Keempat Poktan tersebut yakni, Poktan Maduma (Desa Partungko Naginjang), Poktan Marsiurupan, Poktan Satahi Saoloan (Desa Hariara Pintu) serta Poktan Anggrek (Desa Hutagalung). Masing-maisng Poktan mendapat bantuan 700 kg bibit dan 3 ton pupuk organik.

Menurutnya, Bupati Samosir sangat memperhatikan kebutuhan para petani di Kab. Samosir dan berusaha mencari solusi dan bantuan. Untuk itu, Juwaini menghimbau petani untuk serius mempergunakan bantuan yg diberikan agar pertanamannya berhasil.

Ditambahkannya, agar Petugas pertanian/ penyuluh bersinergi dalam membantu petani, memberikan arahan, yang pada akhirnya menularkan keberhasilan tanam serta hasil panen yang berdampak pada peningkatan perekonomian petani.

Kadis Ketapang dan Pertanian yg diwakili Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Sondang HM. Sukmana, menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas perhatian Pemprovsu yang mengalokasikan bantuan dalam pengembangan komoditi tanaman pangan dan hortikultura di Kab Samosir dan menitip pesan kepada seluruh Poktan penerima untuk melaksanakan budidaya kentang dengan sebaik2nya didampingi petugas pertanian agar dapat meningkatkan produksi dimana sesuai Laporan Statistik Pertanian 2021, bahwa komoditi unggulan di Kec Harian adalah tanaman kentang dengan luas panen 706Ha, produksi 16.147ton diikuti kubis 228 Ha produksi 5.481ton dan ubi jalar 344Ha produksi 7.099ton.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan penanaman perdana dalam Gerakan Tanam Kentang di lahan Poktan Satahi Saoloan. Para petani sangat senang dan berharap taraf hidupnya meningkat serta siap mendukung program pemerintah khususnya di bidang pertanian. Semoga sinergitas dengan Pemerintah atasan ini terus berjalan dengan baik dan meningkat demi kemajuan Samosir. (*Ery/hms)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.