Recruitment Panwascam Bawaslu Kab. Tasikmalaya Tidak Profesional

KAB. TASIKMALAYA, SINURBERITA.COM

Mendekati perhelatan akbar Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya mulai membuka pendaftaran secara serentak untuk seleksi administrasi calon komisioner Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Proses pendaftaran dibuka tanggal 21 September sampai 27 September 2022. Seluruh pendaftar tentunya mengikuti tahapan  seleksi mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, sampai tes tertulis CAT (computer assisted test).

Baca juga : Ibu Kota Nusantara, Sejarah dan Peradaban Baru Indonesia

Ekses dari recruitment tersebut muncul tanggapan miring dari masyarakat yang mengatasnamakan Forum Pemuda Peduli Pemilu (FPPP) Kabupaten Tasikmalaya. Dimana, FPPP menyayangkan proses recruitment tersebut hanya formalitas belaka. Hal tersebut diungkapkan oleh Ajat Munajat selaku Ketua Forum.

Lebih jauh Ajat menyebutkan, “Seharusnya dari awal proses harus ada yang gagal atau gugur, karena dari 403 pendaftar hanya beberapa persen pendaftar yang membuat persyaratan atau izin atasan/pimpinan”, ucapnya. (27/10/2022).

Baca juga : Anggota Polres Tasikmalaya Evakuasi Area Longsor Tanjakan Bohong

Ditambahkannya, “Kebanyakan pendaftar adalah mereka yang sudah mendapat gaji yang bersumber dari APBN, dimana dalam aturan seperti pendamping program kemitraan Desa atau pendamping program Kementerian lain, disamping itu ada pula yang mendaftar memiliki sumber keuangan dari APBD”, tambah Ajat.

Sementara dilain pihak, Dede Ari pengurus KNPI Parung Ponteng menduga adanya orang-orang titipan dari orang Partai Politik (Parpol). Ini seleksi hanya formalitas dan jadi arena bagi-bagi kapling oleh orang Bawaslu”, tegas Dede Ari.

Baca juga : LSM ICON RI : Pekerjaan Rekonstruksi Jalan Sp. Huta Ginjang Diduga Asal Jadi

“Harapan kami, Komisi 1 DPR RI agar mengevaluasi berkaitan dengan kepemiluan agar pelaksanaan recruitmen bisa objektif”, pungkasnya. (*Yos Muhyar)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *