Sandiaga Uno Resmi Buka Tortor Digifest 2022

SAMOSIR, SINURBERITA.COM

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Solahuddin Uno membuka secara resmi kegiatan Tortor Digifest 2022 yang digelar oleh Bank Indonesia Perwakilan Sibolga di Creative Hub Pantai Situngkir, Kabupaten Samosir, Selasa (5/7).

Baca juga : PPS Berakhir, Harta yang Diungkap Rp 594,82 Triliun dengan PPh Rp 61,01 Triliun

Acara pembukaan Tortor Digifest 2022 sekaligus Opening Launching SIAP QRIS Pasar, selain dihadiri secara virtual oleh Menparekraf Sandiaga S. Uno, juga hadir secara virtual Anggota Komisi XI DPR RI Sihar Sitorus, Gubsu yang diwakili oleh Kadis Kebudayaan dan Priwisata Provsu Zumri Sulthony. Dan pejabat yang hadir langsung pada acara pembukaan, diantaranya GM PT. Telkom Witel Sumut Heribertus Handoko, Kepala KPw BI Provsu Dodi Juverdi, Direktur Departemen Regional BI Naek Tigor Sinaga, Kepala KPw BI Sibolga Aswin Kosotali, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, Bupati Tapsel Doli Putra Pasaribu, Bupati Toba Poltak Sitorus, Ass. Adminstrasi Pembangunan dan Umum Kota Sibolga Hendra Damanus, Ass III Administrasi Umum Kab. Paluta Maralobi Siregar dan Pimpinan OPD Samosir.

Menparekraf Sandiaga S. Uno yang hadir secara virtual/online, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sistem pembayaran digital sangat diperlukan dalam upaya pemulihan sektor pariwisata. Tak hanya untuk transaksi, pembayaran digital juga dibutuhkan untuk memberikan gaji para pekerja sektor pariwisata.

Menparekraf juga mendorong pelaku usaha kecil dan menengah untuk menggunakan pembayaran digital pada bisnisnya. Dengan langkah ini, diharapkan dapat berdampak positif pada pelaku UMKM di Kawasan Wisata.

Baca juga : “Merayu Alam Karena Kecantikan Karang Hawu”

Kepala Perwakilan BI Sibolga, Aswin Kosotali dalam laporannya menyampaikan kegiatan Tortor Digifest 2022 akan berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 5-6 Juli 2022. Tortor Digifest 2022 menjadi bagian dari kampanye Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) sebagai wadah percepatan akseptansi transaksi digital serta upaya Bank Indonesia untuk meningkatkan awarenes dan pengetahuan Pemda, masyarakat, pelaku usaha untuk menghadapi tantangan dan kondisi ekonomi, bisnis di era masa depan.

Tortor Digifest 2022 akan diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya pre event seperti Digital Kampus Karnaval, Togaraja Digital Camp dan Lomba Karya Tulis. Main event akan diisi dengan kegiatan Bazaar, Talkshow, Launching SIAP QRIS, Sosialisasi Digital Payment (QRIS), Lomba Kreatif, Lomba Rank I dan Panggung Masyarakat. Selain itu akan ada side event diantaranya Digitalisasi UMKM dan BI Kas Keliling Goes to Samosir.

Baca juga : Pemkab dan Kejari Purwakarta Tandatangani MoU Penanganan Masalah Hukum Bidang Datun

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia khususnya KPw Sibolga atas pelaksanaan kegiatan ini yang tentunya bertujuan pada peningkatan geliat pariwisata dan UMKM serta mengedukasi masyarakat Samosir untuk berinovasi dalam bidang ekonomi digital.

“Kami Pemkab Samosir sangat bangga karena Bank Indonesia memilih Samosir menjadi lokasi kegiatan Tortor Digifest 2022. Kegiatan ini menunjukkan bahwa kebutuhan digital payment system adalah bagian yang sangat penting dalam pembangunan Samosir, khususnya pariwisata dan UMKM,” ujarnya.

Beliau mengharapkan kegiatan ini sebagai wadah belajar semakin profesional dalam mendorong inovasi bidang ekonomi dan keuangan digital serta mendukung ekonomi nasional. Dukungan, partisipasi dan kolaborasi antara Pemda, pelaku usaha dan masyarakat terhadap kebijakan serta inisiatif digitalisasi sistem pembayaran Bank Indonesia. (*Ery/hms)

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Juli 7, 2022

    […] Baca juga : Sandiaga Uno Resmi Buka Tortor Digifest 2022 […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.