Sekda Nuryakin : Makanan Tradisional Khas Barito Utara Tetap Lestari

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Nuryakin usai menghadiri Upacara Peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Barito Utara dan menghadiri acara ramah tamah

BARITO UTARA, SINURBERITA.COM

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Nuryakin berikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara yang sudah meraih penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas pembuatan Wadai Tumpi Jawau Serentak Terbanyak.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Barito Utara menggelar Festival Menumpi Jawau yang di kemas dalam bentuk perlombaan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Barito Utara, diikuti oleh 72 kelompok sesuai usia ulang tahun Kabupaten Barito Utara dengan total peserta mencapai 1.440 peserta dan dalam festival manumpi juga menghasilkan ragam variasi tumpi jawau sebanyak 15 variasi untuk yang pertama kalinya.

Senior Manager MURI Awan Rahargo saat menyerahkan piagam penghargaan MURI kepada Bupati Barito Utara H. Nadalsyah

“Dengan event tersebut menggugah UMKM lokal untuk bisa bergerak bersama. Setiap ada kegiatan-kegiatan pemerintahan maupun swasta agar di wajibkan untuk menyajikan tumpi jawau. Itu semacam keharusan untuk produk lokal sehingga bisa lestari”, tutur Sekda H. Nuryakin usai menghadiri Upacara Peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Barito Utara Tahun 2022 di Arena Terbuka Tiara Batara Kabupaten Barito Utara dan menghadiri acara ramah tamah di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Rabu (29/6).

H. Nuryakin menginginkan agar para pendatang dapat menikmati makanan tradisional khas Barito Utara yaitu Tumpi Jawau.

“Sudah saya sampaikan ke Bupati agar dibuat sebagai peraturan daerah atau instruksinya, sehingga kedepan tiap ada tamu yang datang, kita akan bisa menikmati tumpi jawau”, pungkasnya.

Piagam MURI diserahkan secara langsung oleh Senior Manager MURI Awan Rahargo dan diterima secara langsung oleh Bupati Barito Utara H. Nadalsyah usai Upacara Peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Barito Utara Tahun 2022. (*Yurin)

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Juni 29, 2022

    […] Baca juga : Sekda Nuryakin : Makanan Tradisional Khas Barito Utara Tetap Lestari […]

  2. Juni 30, 2022

    […] Baca juga : Sekda Nuryakin : Makanan Tradisional Khas Barito Utara Tetap Lestari […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.