Wagub Edy Pratowo Hadiri Pengukuhan Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalteng

PALANGKARAYA, SINURBERITA.COM

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo menghadiri Upacara Pengukuhan Yura Adalin Djalins sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (6/6).

Pengukuhan dilakukan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung ditandai dengan Penyerahan Petikan Surat Keputusan Gubernur Bank Indonesia. Upacara Pengukuhan ini merupakan rangkaian kegiatan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Pemimpin Satuan Kerja Bank Indonesia yang telah dilaksanakan pada 18 Januari 2022 di Jakarta.

Wagub H. Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng sebelumnya Rihando yang saat ini bertugas di Departemen Sumber Daya Manusia Bank Indonesia. Gubernur juga mengucapkan selamat kepada Yura Adalin Djalins yang sebelumnya menjabat Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lampung.

“Gubernur menantikan kerja sama, koordinasi, dan sinergi ke depan untuk turut mendukung percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalteng agar semakin baik. Mari satukan langkah untuk bersama-sama melakukan percepatan pembangunan, memajukan perekonomian, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah,” tutur H. Edy Pratowo.

Edy menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kalteng siap berkolaborasi dalam penyusunan program dalam bentuk kajian dan rekomendasi kebijakan ekonomi, pemberdayaan UMKM, serta dukungan elektronifikasi transaksi pembayaran pemerintah daerah melalui Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Dukungan juga diharapkan dalam pengendalian inflasi bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Lebih lanjut disampaikan, bahwa meski saat ini masih dalam masa pandemi, ekonomi Kalteng tumbuh 7,61% pada triwulan IV Tahun 2021. Sedangkan pada triwulan I Tahun 2022, pertumbuhan ekonomi Kalteng sebesar 7,32% years on years.

Ia mengatakan, dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi, Pemprov Kalteng akan tetap fokus pada pengembangan potensi sumber daya alam dan pariwisata daerah seiring kebijakan pelonggaran mobilitas masyarakat. Pemprov juga akan mendorong akselerasi investasi daerah dan pengembangan Program Strategis Nasional (PSN), seperti Food Estate, Shrimp Estate, Kawasan Industri, Kawasan Ekonomi Khusus, dan Pembangunan Pelabuhan Utama.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung menyampaikan pesan Gubernur Bank Indonesia yang harus menjadi perhatian Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng yang baru. Pertama, terkait inflasi diminta mengawal 5 langkah strategis yang telah disepakati Tim Pengendali Inflasi Pusat dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah melalui TPID.

Kedua, diharapkan mampu meningkatkan kontribusi Bank Indonesia di Daerah. Ketiga, diminta konsisten melaksanakan program pengembangan UMKM dan medukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Terakhir, melakukan koordinasi untuk elektronifikasi keuangan pemerintah daerah melalui TP2DD, khususnya pada 3 fokus utama, yakni elektronifikasi Bansos, transportasi, dan traksaksi pemerintah daerah.

“Mari kita terus memperkuat sinergi dan koordinasi untuk semakin bangkit melangkah ke depan. Mari kita terus bekerja dan berkarya bersama membangun dan mengembangkan harapan, keyakinan, dan optimism akan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju,” pungkas Juda Agung.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan Penyerahan Piagam Penghargaan dari Dewan Gubernur Bank Indonesia kepada Rihando selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng sebelumnya, atas jasa-jasanya selama menjabat.

Tampak hadir Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng H. Abdul Razak, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H Nuryakin, Forkopimda Prov. Kalteng serta Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng. Tampak hadir juga Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dan Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor. Sementara itu, dari jajaran Bank Indonesia tampak hadir, Asisten Gubernur Bank Indonesia dari Departemen Regional Dwi Pranoto, Direktur Bank Indonesia dari Departemen Manajemen Strategis Tatakelola Hari Sugeng Raharjo, Direktur Bank Indonesia dari Departemen Sumber Daya Manusia Teddy Pirngadi, dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan Imam Subarkah. (*Yurin/hms)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.