Yustiman : Adat dan Budaya adalah Pondasi Karakter Bangsa

BARITO UTARA, SINURBERITA.COM

Sekretaris Perajah Motanoi Barito Utara Yustiman berpesan kepada para calon Ketua DAD Barito Utara, Pemangku Lembaga Adat Barito Utara, agar menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan budaya Barito Utara.

“Kepada calon Ketua DAD yang terpilih nanti dan diberikan amanah, kami anggap sebagai figur yang dapat diteladani. Masyarakat Adat Barito Utara sangat menaruh harapan besar kepada Lembaga Adat Barito Utara, mudah-mudahan harapan itu tidak di sia-siakan,” kata Sekretaris Perajah Motanoi Yustiman, Rabu, 21 September 2022.

Baca juga : Sang Merah Putih Berkibar di Puncak Gunung Padang dan Sanggabuana

Berdasarkan data yang saya kutip dari berbagai sumber, calon Ketua DAD Barito Utara (Barut) sebelumnya ada 6 orang menjadi 5 orang merupakan tokoh yang sudah tenar di Barito Utara. Selengkapnya adalah :

(1) Amir Mahmud (mantan anggota DPRD Barut),

(2) Jhon Kenedy (mantan Damang Lahei dan pengurus DAD),

(3) Jonio Suharto (Ketua DAD Barut sekarang),

(4) Fatimah Bagan (aktivis, pengurus DAD Barut),

(5) Saprudin S Tingan (Ketua Gerdayak Barut, tokoh dunia pendidikan, aktivis).

Baca juga : JAS MERAH ; Penjara Banceuy, Inggit Garnasih, dan Indonesia Menggugat

Yustiman berharap kedepannya nanti mendekati dan melihat Musda II DAD Barut akan digelar Senin tanggal 26 September 2022, dari 5 calon yang telah mendaftar. Siapapun menjadi ketua DAD yang terpilih nantinya periode 2022-2027, bisa memperkuat adat budaya di Wilayah Kabupaten Barito Utara.

“Mari kita sama-sama bekerja keras untuk menggelorakan kembali adat dan budaya Barito Utara, karena Budaya adalah pondasi karakter bangsa. Sehingga kalau kita tidak melek terhadap budaya, sama saja kita perlahan menghilangkan karakter kita sendiri. SALAM KAPAKAT”, ajaknya. (*Yurin)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.