SINURBERITA

Menyuarakan Kepentingan Rakyat

DAERAH EKONOMI BISNIS

Bupati Franc Tumanggor Bagikan Alsintan Kepada Kelompok Tani Pakpak Bharat

KAB. PAKPAK BHARAT, SINURBERITA.COM

Bertempat di Dinas Pertanian, Bupati Kabupaten Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor membagikan puluhan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) ke beberapa kelompok Tani di yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat. Berbagai jenis bantuan dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian RI  bagi Kelompok Tani (Poktan) untuk membantu pengembangan program Food Estate (lumbung pangan baru) yang digarap di Kabupaten Pakpak Bharat. (14/12/2023).

Franc Bernhard Tumanggor mengungkapkan, “Bantuan alsintan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah yang sangat serius pada sektor pertanian demi mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis, menitikberatkan pada upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani”, ujarnya.

Baca juga : Jaksa Agung : Tindak Tegas Penyimpangan Pengelolaan Keuangan Desa sesuai UU

Dikatakan Bupati, “Salah satu upaya yang kita lakukan yaitu dengan membangun kawasan lumbung pangan baru di Desa Ulumerah. Diharapkan dengan adanya alat mesin pertanian ini dapat mendorong produktivitas hasil pertanian di sana, mendorong sektor pertanian ke arah yang maju, mandiri, dan modern, meningkatkan luas garapan, intensitas tanam, efisiensi usaha tani, mengurangi kehilangan hasil, serta meningkatkan mutu dan nilai tambah produk pertanian”, jelas Bupati.

Alsintan ini merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian RI sebagai wujud nyata dukungan Pemerintah Pusat bagi pengembangan program Food Estate di Kabupaten Pakpak Bharat. Adapun bantun dimaksud adalah Cultivator (50 unit), Hand Sprayer (25 unit), Kendaraan Roda Tiga (20 unit), Traktor Roda Empat (20 unit), Pompa Air (10 unit), dan Corn Seller (4 unit).

Baca juga : UU Pemilu : Kepala Desa Tak Netral Terancam Pidana 1 Tahun Penjara

Salah satu perwakilan petani, Sadar Berutu mengatakan, “Terimakasih kepada bapak Bupati, atas inisiatif dan upaya yang dia lakukan sehingga Pemerintah Pusat bersedia memberikan bantuan yang sangat besar ini, kiranya bermanfaat bagi kami, dan sehat-sehatlah selalu bapak Bupati, bersama seluruh jajarannya, majulah pertanian Pakpak Bharat”, ucapnya saat menerima bantuan ini.

Turut Hadir dalam acara penyerahan Alat Alsintan, Sekda, Asisten, dan para pimpinan Perangkat Daerah dan para kelompok tani yang menerima Bantuan. (*S. Boangmanalu)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *