SINURBERITA

Menyuarakan Kepentingan Rakyat

DAERAH HUKUM NASIONAL NUSANTARA OLAHRAGA RAGAM

Belanja Hibah Dispora Kota Pekanbaru Tahun Anggaran 2023 Diduga Sarat Korupsi

Loading

Kadispora Kota Pekanbaru (dari berbagai sumber)

KOTA PEKANBARU, SINURBERITA.COM

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menganggarkan Belanja Hibah pada Tahun Anggaran 2023 yang telah direalisasikan sebesar Rp. 112 Milyar lebih. Kondisi tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp. 38 Milyar dibandingkan realisasi Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp. 73 Milyar.

Adapun anggaran dan realisasi Belanja Hibah per Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tahun Anggaran 2023 pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) sebesar Rp. 3 Milyar dengan realisasi 100% atau terserap sepenuhnya.

Baca juga: Pengadaan Sumur Bor Dinas Perkim Kota Pekanbaru Diduga Fiktif

Berdasarkan informasi yang diterima, bahwa pelaksanaan dan pertanggungjawaban belanja Hibah TA 2023 belum tertib yang terindikasi Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru Hazli Fendriyanto, S.STP., M.Si diduga tidak mengikuti mekanisme yang ditetapkan oleh Kepala Daerah dalam pemberian Hibah.

Menanggapi informasi tersebut, Redaksi SINURBERITA telah melayangkan Surat Konfirmasi kepada Kepala Dispora Kota Pekanbaru tertanggal 27 Agustus 2024. Namun sangat disayangkan, hingga pada saat ini tidak mendapatkan jawaban yang pasti dari pihak Dispora Kota Pekanbaru dan terkesan melempar bola ke pihak PPID Diskominfo Pekanbaru.

Baca juga: Pokmil Kemenkumham Diduga “Main Mata” dengan Penyedia Jasa Pengadaan BAMA Tahun 2024

Ketika ditanya apakah harus bersurat ke PPID Diskominfo yang notabene bukan pengguna anggaran (PA) Belanja Hibah APBD Kota Pekanbaru TA 2023? Salah satu pejabat Dispora dalam pesan WhatsApp nya mengatakan, “Koordinasi bang. Kami kebetulan ada rapat acara sumpah pemuda”, tulisnya, Selasa 17 September 2024.

Akan hal tersebut, diminta kepada Aparat Penegak Hukum (APH), baik itu Kejaksaan dan Kepolisian agar berperan aktif dalam menindaklanjuti informasi atau laporan dari masyarakat terkait realisasi belanja Hibah pada Dispora Kota Pekanbaru Tahun Anggaran 2023. (*red/J2R)

Menyuarakan Kepentingan Rakyat