SINURBERITA

Menyuarakan Kepentingan Rakyat

BUDAYA RAGAM

RRI Sungailiat Gelar Pagelaran Budaya

Pagelaran Budaya

BANGKA BELITUNG, SINURBERITA.COM

Pagelaran Budaya dengan tajuk “Merawat Budaya agar Berdaya” berlangsung di Halaman Kantor LPP RRI Sungailiat. Berbagai atraksi ditampilkan oleh pengisi acara, diantaranya Sanggar Lawang Budaya Sungailiat, Kabupaten Bangka yang membawakan beberapa tarian seperti Tari Bubung Tujuh, Tari Campak dan juga Bedaek. Selain itu ada penampilan puisi monolog Cak Budi Semprul, Pantun yang ditampilkan Zalfika Amya, dan lagu daerah Belitong Timur Negeri Puake oleh Nista Elsa Putri dan Seni Budaya Kite oleh M. Isro Attaturk. Sabtu (25/11/2023).

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Eko Kurniawan mengatakan kebudayaan adalah nilai yang harus terus menerus dijaga dan dihidupkan. “Untuk itu kami dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tentu sangat mengapresiasi kegiatan ini,” kata Eko Kurniawan.

Baca juga : Mutasi Guru SMPN 2 Sungailiat Disinyalir Ada Desakan Pihak Luar

Penjabat Bupati Bangka diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Boy Yandra. Boy Yandra menyebut kegiatan ini baik sekali, dan Pemkab Bangka sangat menghargai upaya pelestarian budaya yang dilakukan RRI.

“Terima kasih sudah melaksanakan pagelaran budaya ini. Dan ini harus sering dilakukan, karena membangun kebudayaan itu memang butuh kebersamaan, oleh semua pihak, apa yang dilakukan RRI Sungailiat ini luar biasa,” ucap Boy Yandra.

Sementara Kepala LPP RRI Sungailiat, Yulian S Sabaa mengatakan jika Pagelaran Budaya ini merupakan wujud komitmen RRI dalam merawat budaya di tengah laju kemajuan digitalisasi.

Baca juga : Kisah Sarman, Penambang Kecil yang Selalu Terzolimi

“Selain kegiatan kesenian dan kebudayaan seperti ini perlu diketahui bahwa kita di RRI Sungailiat ada 3 program, pro 1, pro 2, dan pro 4 yang khusus budaya. Dan di Pro 4 kita berusaha maksimal untuk mengangkat kearifan lokal yang ada di Bangka Belitung,” ucap Yulian.

Yulian juga berharap agar RRI Sungailiat bisa menjalin kolaborasi erat dengan pelaku kebudayaan dan kesenian di Kepulauan Bangka Belitung.

“Dengan demikian khasanah budaya daerah Kepulauan Bangka Belitung akan dapat lebih terangkat dan lestari dengan ditampilkan pelaku budaya dan seniman kita,” kata Yulian.

Pagelaran Budaya ini disiarkan langsung melalui siaran RRI Pro 1 Sungailiat di 96,4 Fm dan Pro 4 Sungailiat di 103,9 Fm, serta melalui kanal youtube RRI Sungailiat Official ataupun RRI Digital. (*Hry)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *