SINURBERITA

Menyuarakan Kepentingan Rakyat

DAERAH HUKUM NASIONAL NUSANTARA

Proyek Dana Desa Air Ruai Diduga Dikerjakan Asal Jadi

BANGKA BELITUNG, SINURBERITA.COM

Proyek Pematangan Lahan Ruang Terbuka Publik di Desa Air Ruai Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka yang dikerjakan secara swakelola yang bersumber dari Dana Desa tahun 2023 sebesar Rp402.995.000 sudah mengalami kerusakan.

Baca juga : Jaksa Agung : Tindak Tegas Penyimpangan Pengelolaan Keuangan Desa sesuai UU

Sangat disayangkan, pekerjaan tersebut juga tidak mencantumkan tanggal mulai pekerjaan dan akhir waktu pelaksanaan pekerjaan. Dipapan proyek tersebut terdapat logo Pemkab Bangka, logo Desa Air Ruai dan logo Kejaksaan. Apakah pekerjaan tersebut diawasi oleh Kejaksaan?

Menurut warga setempat yang namanya minta jangan dipublikasi mengatakan, “Pekerjaan tersebut terkesan tidak ada manfaatnya, menghabiskan uang negara ratusan juta rupiah. Sekarang lihat saja, belum lama selesai pekerjaan tersebut sudah alami kerusakan”, ujar warga setempat.

Baca juga : Penambahan Rp18 M Tunjangan DPRD Kab Bangka Menjadi Polemik

Ditempat terpisah, Arcan selaku BPD Desa Air Ruai ketika ditemui awak media, Senin (11/12/23) mengatakan, “Pekerjaan tersebut memang belum sempurna, masih ditembok lagi dengan tanah”, ujarnya.

Dan menurut pantauan media ini dilapangan selain tanah tembok tergerus air, kayu penahan tanah untuk kolampun sudah ada yang rapuh, dan tembok saluranpun sudah ada yang pecah dan retak.

Sementara itu, Kades Air Ruai, Rojali ketika dihubungi melalui pesan WhatsApp (WA) terkait kerusakan tersebut mengatakan, “Ini pekerjaan bertahap dan berkelanjutan”, tulisnya.

Akan hal tersebut, diminta kepada Aparat Penegak Hukum (APH) baik itu Kejaksaan Negeri Bangka, Polres Bangka, dan Inspektorat Kab Bangka untuk menindaklanjuti informasi dan segera memeriksa kualitas dan kuantitas dari hasil pekerjaan dilapangan. Apabila ditemukan unsur-unsur perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian keuangan Negara agar ditindak secara tegas dan akurat. (*red/Her)

3 COMMENTS

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *