SINURBERITA

Menyuarakan Kepentingan Rakyat

DAERAH EKONOMI BISNIS NASIONAL

Airlangga Hartarto Salurkan Bantuan Pangan untuk Warga Batununggal Kota Bandung

KOTA BANDUNG, SINURBERITA

Sebanyak 100 warga Kecamatan Batununggal Kota Bandung mendapatkan bantuan langsung dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian berupa beras masing-masing menerima 10 kilogram untuk tiap kepala keluarga, bertempat di Kantor Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jumat (19/1/2024).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan, menyalurkan bantuan ini merupakan program untuk mengantisipasi dampak dari El Nino. Kemarin di Pontianak itu masa penanaman padi mundur 3 bulan dan di Jawa Barat ini rata-rata mundur 2 bulan, sehingga bantuan pangan sangat diperlukan. Alokasi penerima bantuan beras di Jawa Barat berjumlah 4.445.601, dan di Kota Bandung sendiri ada 109.333 penerima.

Dikatakan Hartanto, setelah berbincang langsung dengan masyarakat mereka menyampaikan kebutuhannya. Sedangkan sebagian besar dari mereka tidak punya penghasilan tetap. Sehingga program 10 kg beras ini merupakan bantuan untuk memenuhi kebutuhan mereka yang besarnya bisa dari 25 sampai 40 kg per bulannya, jadi ini cukup signifikan, jelas Airlangga Hartanto.

Lebih lanjut dikatakan Hartarto, bansos tersebut akan dilanjutkan pemerintah sebagai daya beli untuk menurunkan inflasi. Hal itu merupakan bagian dari upaya pertumbuhan ekonomi, ini tidak bisa dihentikan karena adanya Pemilu. Sebab ini merupakan program Pemerintah yang diberikan ke masyarakat langsung selama pemerintahan berjalan.

Dia mengatakan, “Pemerintah pusat pada tahun 2024 secara bertahap akan memberikan bantuan pangan beras kepada masyarakat secara nasional sebanyak 22 juta penerima manfaat untuk periode Januari hingga Juni 2024. Ia menambahkan, selain bantuan beras 10 kilo gram yang diberikan pemerintah juga sudah menyepakati untuk menyalurkan bantuan langsung tunai untuk menanggulangi El Nino sebesar Rp.200.000 per bulan kepada sekitar 18 juta penerima manfaat”, kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam kesempatan itu Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto tiba di Kantor Kecamatan Batununggal, didampingi antara lain Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Dida Gardera, Wakil Ketua DPRD RI Lodewijk F Paulus, Pemimpin Wilayah Perum Bulog Provinsi Jawa Barat M Attar Rizal dan Direktur Operasi dan Digital Service PT Pos Indonesia (Persero) Hariadi.

Sementara itu Camat Batununggal Kota Bandung Latief, S.Ip,M.Si, mengatakan dalam rangka Temu Wicara bersama Penerima Bantuan Pangan (PBP) di Aula Kantor Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Sebagai simbol pembagian sembako beras sebanyak 10 kilo gram dibagikan kepada 100 warga masyarakat yang selanjutnya akan di distribusikan ke tiap-tiap Kelurahan yang ada di Kecamatan Batununggal sesuai dengan data dan surat yang sudah dibagikan.

Pada kesempatannya Camat Batununggal saat di wawancarai mengatakan sejak dua hari kemarin kami sudah mendapatkan kabar bahwa Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto akan menyampaikan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) cadangan pangan untuk Kota Bandung yang diwakili oleh Kecamatan Batununggal. Bersyukur masyarakat yang ada di Batununggal perwakilan dari Kelurahan Gumuruh ada sekitar 100 orang secara simbolis, jika dilihat semua yang biasa mendapatkan bantuan sekitar kurang lebih 5.000 orang, ucap Camat Batununggal Kota Bandung Latief, S.Ip, M.Si.

Lebih lanjut dikatakan Latief, kedepan akan berlanjut pembagian dan hal tersebut disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bahwa memang beliau akan membagikan secara langsung, secara simbolis kepada warga yang ada di Kecamatan Batununggal. Sementara hari ini secara simbolis tadi sudah dikatakan 100 orang warga yang menerima bantuan pangan yang diserahkan secara langsung oleh Menko Perekonomian.

Pihaknya berharap kedepan dengan ada bantuan ini warga kami terasa terbantu perekonomiannya, yang tadi sudah disampaikan oleh warga seadanya sehar-harinya, mereka mendapatkan bantuan 10 kilo gram beras ini sangat membantu. Semoga tidak hanya hari ini saja untuk mendapatkan bantuan, kedepannya juga warga mendapatkan bantuan lagi, kami dari Kecamatan Batununggal tentunya ikut senang karena terpilih di jadikan tempat untuk memberikan secara simbolis bantuan untuk warga, tandas Latief.

Kalau nanti berkelanjutan, kata Latief itu yang diharapkan warga bantuan tak berhenti disini tapi terus berkelanjutan itu pun tergantung dari Kemenko Perekonomian kita tidak bisa memutuskan berkelanjutan atau tidak itu harapan dari mereka. Harapan saya seperti yang disampaikan Bapak Airlangga Hartanto pertama disalurkan kepada yang berhak menerimanya, ujar Camat Batununggal Kota Bandung H.Latief, S.Ip, M.Si, kepada awak media diruang kerjanya. (*FJR).

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *